Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penetapan Awal Puasa

Kemenag akan Lakukan Sidang Isbath dengan Ormas dan Lembaga Islam
Oleh : Ade Kelana/Charles/Dodo
Rabu | 18-07-2012 | 10:32 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tanjungpinang, Abu Sofyan mengatakan, untuk penetapan awal puasa, pihaknya akan melaksanakan sidang Isbath dengan ormas dan lembaga Islam. Masyarakat diminta untuk sabar menunggu hasil Rukyatul Hilal untuk mengawali puasa Ramadahan 1433 Hijriah tahun ini.


"Kita akan mengadakan sidang Isbath dengan beberapa ormas dan lembaga yang memprediksi awal puasa jatuh pada tanggal 21 Juli 2012 nanti," ujarnya pada batamtoday saat dijumpai di Hotel Aston, Selasa (17/07/2012) kemarin.

Sidang Isbath sendiri, kata Abu Sofyan, akan digelar di daerah Lobam pada 19 Juli 2012 mendatang, yang akan dihadiri beberapa ormas dan lembaga Islam yang di Tanjungpinang bersama Kanwil Kementerian Agama Kepri.

"Seandainya pemerintah menyerukan pusa pada tanggal 20, kita berharap kepada masyarakat tetap tenang karena tidak ada masalah dalam penentuan tanggal awal puasa," ujarnya.

Hal ini berkaitan dengan adanya perbedaan dalam melakukan metode penetapan tanggal untuk awal puasa, antara dua ormas Islam terbesar di Indonesia yakni Muhammadyah dan Nahdlatul Ulama (NU). Abu berharap masyarakat untuk sabar menunggu hasil ihbar atau pengumuman resmi awal puasa dan tetap menghormati masyarakat yang berdasarkan keyakinan mengawali puasa pada tanggal 20 Juli 2012. 

"Karena tim rukyatul hilal baru akan melakukan pengamatan awal bulan Qomariyah di 70 tempat se-Indonesia pada Kamis 19 Juli mendatang," ujarnya.