Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gabungan LSM Nilai Muslim Bidin Gagal Tangani Pendidikan di Batam
Oleh : Ali/Dodo
Selasa | 17-07-2012 | 18:21 WIB
muslim-bidin-baru.gif Honda-Batam
Muslim Bidin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam yang dinilai gagal oleh Gabungan LSM Kota Batam.

BATAM, batamtoday - Gabungan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Batam menilai Muslim Bidin selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam telah gagal menangani pendidikan. 


Hal ini terbukti dari carut marutnya penerimaan siswa baru di sekolah negeri yang selalu bermasalah setiap tahunnya.

Yelfian, Direktur Eksekutif LSM Cerdas mencontohkan seperti halnya terjadi pada Tas' An, warga Tiban mendaftarkan anaknya yang masih berumur 6,8 tahun di SD Negeri 004 Tiban namun ditolak dengan alasan umur belum 7 tahun dan kuota siswa sudah penuh. 

"Tas'an melaporkan hal tersebut ke Posko Peduli Pendidikan yang kami dirikan dan lantas kami tindak lanjuti dengan melakukan investigasi ke sekolah tersebut," kata Yelfian, Selasa (17/7/2012).

Berdasarkan investigasi yang dilakukan sejak pendaftaran masuk sekolah atau ajaran baru, Posko Peduli Pendidikan menemukan banyak pungutan liar dilakukan oknum kepala sekolah yang telah bekerja sama dengan pihak Komite Sekolah maupun para guru. Dan juga terjadi penyimpangan seperti diterimanya murid baru hanya berdasarkan proposal mapun rekomendasi dari pejabat terkait.

"Maklum lah kita tidak bisa menolak," jelas Yelfian menirukan ucapan salah satu guru yang pernah dijumpainya.

Kejadian ini merupakan salah satu kasus kecurangan pihak sekolah yang hanya menginginkan keuntungan pribadi. Menurutnya, Komite Sekolah saat ini hanya dijadikan alat tameng hukum oknum Kepala sekolah yang tidak bertanggung jawab.

Kondisi seperti ini, semakin tahun tak ada perubahan ke arah yang lebih baik. Ironisnya, Muslim Bidin justru terus dipertahankan posisinya oleh Ahmad Dahlan sebagai Kepala Dinas Pendidikan Batam.

"Dahlan dibawah tekanan oknum tertentu, sehiingga tidak memiliki sikap atas dunia pendidikan dari tahun ke tahun tidak ada perubahan," pungkasnya.

Dia juga menyerukan agar Muslim Bidin segera diganti dengan sosok yang lebih mumpuni dalam mengelola pendidikan di Batam.

Gabungan LSM yang mendirikan Posko Peduli Pendidikan terdiri dari LSM Cerdas, Forum Komunikasi Pendidikan Nasional (FKPN), GerakanAnak Bangsa (Gerbang), KAT dan HAM, Lembaga Investigasi Pendapatan Pembelanjaan Anggaran Daerah dan LSM Gerakan Aspirasi Indonesia.