Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jasa Pengiriman Barang Tak Jamin Barang Kiriman Aman
Oleh : Agus/Dodo
Selasa | 17-07-2012 | 16:28 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Jasa pengiriman barang swasta selama ini digadang-gadang aman dan cepat. Namun meski demikian. ternyata tidak menjadi jaminan barang milik warga masyarakat aman dari pelaku pencurian.


Seperti yang dialami Lilis warga RE Martadinata, Tanjungpinang yang mengaku barang kiriman dari anaknya menggunakan jasa Titipan Kilat (TIKI) beberapa ada yang hilang dicuri.

"Yang hilang dua jam tangan, terus terdapat bekas koyakan pada kardus yang ditutup pelaster putih yang dari awalnya berwarna coklat," kata Lilis, Selasa (17/7/2012).

Lilis mengakui, sebelum barang kirimannya hilang dan terlambatnya pengiriman barang ke rumahnya, para pegawai TIKI Tanjungpinang sempat menyangkal barang tidak ada masuk atau loper yang mengantar barang tidak masuk kerja.

"Anak saya kirim dari tanggal 11 Juli dan 16 Juli kemarin baru saya ambil. Biasanya hanya 3 hari sudah sampai, belum lagi saat saya tanya barang kiriman saya, dipermainkan dengan petugas TIKI," kata dia.

Kejadian ini membuat Lis geram karena pasalnya saat mendatangi kantor TIKI, petugas perusahaan jasa pengiriman barang itu terkesan menutupi kalau barang yang tidak ada, hingga akhirnya Lilis marah dan baru dicarikan barang kiriman yang ditujukan kepadanya.

"Saya sempat perang mulut dengan petugas TIKI, barang saya yang hilang kok saya pula bikin surat pernyataan. Seharusnya perusahaan yang bikin bukan kami mana kuitansi barang juga mau diambil semua kami disuruh pulang tanpa ada barang bukti, anehkan," kata Lilis.

Akibat kejadian itu, Lis mengalami kerugian ratusan ribu rupiah dan mengaku kecewa dengan sikap petugas TIKI Tanjungpinang yang terkesan tidak tanggung jawab saat bertugas atau bekerja dalam menyikapi keluhan konsumen.