Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

3 Siswa Anambas Dikuliahkan ke Jerman
Oleh : Emmi/Dodo
Selasa | 17-07-2012 | 13:52 WIB

ANAMBAS, batamtoday - 3 siswa yang berprestasi dari Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) mendapat beasiswa dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) KKA untuk melanjutkan tugas belajar ke perguruan tinggi di Jerman.


Jurusan yang akan mereka tempuh selama pendidikan di Jerman adalah S1 di bidang Perikanan dan Kelautan sebanyak 2 orang dan S1 untuk jurusan Pariwisata sebanyak 1 orang.

"Ada 3 orang siswa yang kita kirim ke Jerman. 2 orang jurusan Perikanan dan Kelautan, serta 1 orang untuk jurusan Pariwisata," jelas Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH saat acara penyerahan SK PTT-KT, Selasa (17/7/2012).

Pengiriman ketiga siswa tersebut dilakukan melalui kerjasama antara Pemerintah Daerah dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Pemilihan jurusan untuk siswa-siswa yang telah diangkat menjadi PTT Kelompok Tertentu (PTT-KT) ini juga tidak sembarangan. Haris mengaku pemilihan jurusan merupakan perhatian khusus Pemda. Dirinya menambahkan kedua jurusan tersebut dipilih karena sesuai dengan potensi unggulan atau jurusan langka yang memang dibutuhkan oleh KKA.

"Jurusan kita pilih dengan teliti. Kedua jurusan itu dipilih karena sangat berkaitan dengan potensi unggulan yang ada di Anambas. Jurusan itu pun jarang diminati, karena kebanyakan mainset kita masih suka jurusan yang cenderung homogen," papar Haris.

Haris mengharapkan siswa yang dikirim bisa lebih fokus kepada pendidikan dan tidak terlalu banyak menuntut. dirinya juga menghimbau kepada orangtua dan instansi terkait untuk terus aktif memonitor perkembangan mereka selama mengikuti pendidikan.

"Fokus belajar, jangan terlalu banyak menuntuk. Ingat, kalian seakrang adalah PTT, jadi sikapnya juga harus mencerminkan aparatur dan orang yang beranjak dewasa. Orang tua dan semua yang terkait juga jangan lupa, monitor perkembangan mereka selama pembelajaran, jangan sampai lalai," tegas Haris.