Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sambut Arus Mudik, DPRD Kepri Sidak Pelabuhan Punggur
Oleh : Ali/Dodo
Selasa | 17-07-2012 | 13:46 WIB

BATAM, batamtoday - Komisi III DPRD Kepulauan Riau (Kepri) menggelar inspeksi mendadak (Sidak) di Pelabuhan ASDP dan pelabuhan domestik, Telaga Punggur, Selasa (17/6/2012).


Sidak ini dilakukan sebagai persiapan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dan arus mudik Lebaran yang bisa dipastikan akan terjadi lonjakan penumpang dari hari biasa.

Ketua DPRD Kepri, Nur Syafriadi yang memimpin sidak tersebut mengatakan, untuk memastikan kesiapan transportasi laut antar pulau, pihaknya harus mengetahui secara langsung kesiapan dari masing-masing pengelola pelabuhan, terutama menyangkut keselamatan pelayaran di laut, sarana dan pra sarana lainnya.

"Selain itu, kita fokus terhadap keamanan dengan meminta penambahan personil keamanan yang akan bertugas selama musim mudik nantinya sehingga penumpang merasa nyaman dan aman saat di pelabuhan," ujarnya.

Nur juga mengatakan DPRD Kepri tidak mau ada penumpang pada saat arus mudik Lebaran tidak bisa diberangkatkan, maupun terjadinya kenaikan harga tiket secara sepihak. Dengan adanya pajak penjualan tiket sebesar Rp5 ribu per penumpang, tambahnya harus dikembalikan lagi kepada masyarakat dalam bentuk pelayanan.

"Dan kita akan minta pengawas dari syahbandar dan KPLP untuk mengawasi kapal-kapal agar jangan mengangkut penumpang di luar kapasitas penumpang. Untuk itu harus ada penambahan kapal dan trip, tapi tetap memperhatikan keselamatan penumpang," ujarnya.

Sementara itu, untuk pengamanan, pihak Kepolisian Keamanan Pelabuhan (KKP) akan menambah jumlah personil dalam menghadapi arus mudik lebaran. Sekitar 30 personil gabungan Polresta Barelang dan TNI akan ditempatkan di Pelabuhan Punggur pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

Selain Nur Syafriadi juga terlihat Ketua Komisi III DPRD Kepri, Joko Nugroho, Haripinto, Togi Sinaga, Sofyan Samsir, Heriawanto, Hendriyanto, Hotman Hutapea dan H. Darman.

Sementara itu, Nurdianto, selaku Syahbandar Pelabuhan Punggur mengatakan bahwa jumlah kapal yang akan digunakan untuk arus lebaran akan ditambah. Untuk saat ini jumlah kapal yang sudah beroperasi sekitar 18-19 unit.

"Untuk saat ini masih mencukupi dan untuk harga tiket, belum ada rencana kenaikan dan masih sama," ujarnya.

Untuk pelabuhan ASDP Telaga Punggur, diketahui saat ini telah tersedia 7 kapal yang melayani pelayaran dari Batam ke beberapa daerah seperti Karimun, Bintan, Dompak, dan Buton, Riau. Pihak pengelola ASDP berencana akan menambah dua unit kapal lagi untuk melayani rute-rute baru.

"Tahun ini banyak perkembangan, kalau tahun lalu saya pikir hanya rute Batam ke Tanjunguban saja, kalau sekarang sudah banyak kita dari provinsi membantu fasilitas jalur laut," ujar Haripinto kepada batamtoday.