Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Oktober 2012, 3.000 Rumah di Anambas Nikmati Listrik
Oleh : Emmi/Dodo
Selasa | 17-07-2012 | 12:23 WIB
anambas-mesin-pembangkit.gif Honda-Batam
Mesin pembangkit listrik di Desa Payaklaman.

ANAMBAS, batamtoday - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) menargetkan akan memenuhi kebutuhan listrik untuk 3.000 rumah di seantero KKA.


"Oktober kita targetkan kita sudah memenuhi kebutuhan listrik untuk 3000 rumah se-Anambas," tegas Kadis ESDM, Romy Firman, ST, Selasa (17/72012).
 
Ditanya mana-mana saja yang akan menikmati listrik tersebut, Romy menjawab tidak akan ada desa yang akan dianaktirikan. "Semua akan kami penuhi kebutuhannya," ujar Romy.

Sampai saat ini target tersebut tampaknya sudah menunjukan tanda-tanda kemajuan. Berturut-turut sudah ada 4 desa  yang penggunaan listriknya telah diresmikan. Desa tersebut adalah Air Asuk untuk 250 rumah penduduk , Air Bini untuk semua rumah penduduk di desa tersebut  dan desa Nyamuk untuk 330 rumah penduduk. Yang terakhir adalah Desa Payaklaman di Kecamatan Palmatak.

"Kita sudah resmikan empat desa. Air Asuk, Air Bini, Nyamuk dan terakhir di Payaklaman," ujar Romy.

Dalam beberapa pekan kedepan, Dinas ESDM juga akan meresmikan listrik di Batu Belah untuk 180 Rumah. Sistem kelistrikan yang dibuat di desa tersebut sedikit berbeda yaitu menggunakan sistem kelistrikan tenaga surya terpusat. Desa Air Nagak juga tidak akan ditinggalkan, sekitar 120 rumah akan mulai menikmati listrik minggu depan.

Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) juga akan dapat bagian listrik dari Dinas ESDM. Sampai hari ini sudah 232 rumah atau 60% RTLH dipenuhi kebutuhan listriknya. 

Selain menggunakan diesel dengan BBM Solar, dinas ESDM juga akan menggunakan sistem kelistrikan lain seperti tenaga surya dan pembangkit listrik tenaga mikro hidro seperti yang sedang coba diterapkan di Desa Temburun untuk mengcover kebutuhan listrik bagi sekitar 100 rumah.