Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Komisi III akan Investigasi Kasus Korupsi di Batam
Oleh : Surya Irawan/Dodo
Selasa | 17-07-2012 | 11:42 WIB
ruhut_sitompul.jpg Honda-Batam
Ruhut Sitompul, anggota Komisi III DPR RI.

BATAM, batamtoday - Komisi III DPR RI akan melakukan investigasi dalan kunjungan kerjanya ke Batam terhadap sejumlah kasus korupsi yang dilaporkan oleh masyarakat kepada komisi para wakil rakyat tersebut, seperti kasus korupsi dana Bantuan Sosial di Pemerintah Kota Batam.


Ruhut Sitompul, anggota Komisi III DPR RI mengatakan investigasi akan dilakukan dengan cara meminta keterangan kepada mitra komisi tersebut, seperti Kejaksaan Negeri Batam, Kejaksaan Tinggi Kepri maupun Polda Kepri.

"Kasus yang dilaporkan dalam Rapat Dengar Pendapat Umum beberapa waktu lalu cukup banyak, termasuk kasus korupsi di Batam," kata Ruhut kepada batamtoday, Selasa (17/7/2012).

Ruhut menyebut salah satu laporan dugaan korupsi yang dilaporkan beberapa waktu lalu adalah dugaan korupsi yang dilakukan Wali Kota Batam terhadap dana Bantuan Sosial.

Sementara itu, Nasir Djamil, Wakil Ketua Komisi III yang juga menjadi ketua tim kunjungan ke Kepri mengatakan kedatangan mereka merupakan kunjungan rutin ke setiap provinsi di Indonesia yang bertujuan mengunjungi mitra-mitra mereka seperti Kejaksaan, Pengadilan, Polri, Lembaga Pemasyarakatan dan Muspida.

"Kami juga akan mendatangi Rumah Detensi Imigrasi di Tanjungpinang," kata Nasir.

Tujuan mereka ke Rudenim, lanjutnya, adalah untuk melihat kondisi nasib dan keselamatan para imigran yang menghuni tempat tersebut hingga dapat dicarikan solusi apakah mereka (imigran-red.) akan dipulangkan ke negara asal atau dikirim ke Australia sebagai negara ketiga.

Nasir mengatakan kunjungan ke Kepri ini akan dilakukan selama dua hari hingga Rabu (18/7/2012) dengan fokus kunjungan ke Tanjungpinang dan Batam.

Selain melakukan kunjungan ke Kepri, Komisi III juga mengunjungi Jawa Timur dan dipimpin langsung oleh ketua Komisi III, I Gede Pasek Suwardhika serta ke Jawa Barat dengan dipimpin oleh Tjatur Sapto Edi.