Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BBM Jenis Premium di Batam Disetujui Dialokasikan Hanya untuk Nelayan
Oleh : Aldy
Minggu | 13-02-2022 | 13:04 WIB
gustian_riau_b.jpg Honda-Batam
Kadisperindag Kota Batam Gustian Riau (Foto: Aldy Daeng)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ada tiga jenis BBM untuk kuota Batam yang telah di setujui pengalokasiannya yaitu BBM jenis Solar, premium dan LPG, khusus untuk BBM premium dan solar sudah dikeluarkan jumlah kuota nya.

Namun, pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Batam belum merinci berapa angka kuota jenis BBM jenis solar dan premium untuk tahun 2022.

Karena Pertamina belum menyerahkan secara resmi ke Disperindag Batam jumlah kuota tersebut.

Hal ini diungkapkan Kadisperindag Kota Batam Gustian Riau di hotel Haris Batam center Jumat (11/2/2022).

Untuk BBM jenis premium, dipastikan saat ini sudah tidak diperjualbelikan lagi disemua SPBU di Batam, penyediaan BBM jenis premium hanya di peruntukan untuk masyarakat nelayan.

"Belum ada aturan atau regulasi dari kementerian terkait tentang penghapusan BBM jenis premium, hanya saja untuk kota Batam, BBM jenis premium itu kita khususkan untuk nelayan, dan itu ada aturannya, ada angka kuota nya, nanti kita kasi tau," ungkap Gustian Riau.

Sementara untuk LPG 3kg, pada tahun 2021 mengalami penurunan daya beli oleh masyarakat, ini dikarenakan banyaknya pelaku usaha UMKM yang tidak beroperasi lagi di tempat tempat tertentu.

Sehingga stok di tahun 2021 itu berlebih, maka alokasi BBM jenis LPG 3kg untuk tahun 2022 menggunakan realisasi kuota tahun sebelumnya.

"Alokasi BBM LPG 3kg di tahun 2021 itu tidak tertampung oleh masyarakat atau berlebih, ini dikarenakan banyak pedagang yang tutup akibat covid-19, di tahun 2022 menggunakan realisasi Kouta tahun 2021," terang Gustian

Kemudian untuk BBM jenis solar lanjut Kadis Perindag, di tahun 2021 stok mencukupi bahkan ada kelebihan dan penyaluran nya sudah sesuai dan merata, ini dikarenakan pemerintah kota Batam melalui Disperindag Batam sudah meluncurkan kartu khusus pembelian solar.

"Untuk BBM jenis solar di tahun 2021 mencukupi, ini karena kita berlakukan kartu BRIZI, sehingga bisa terkontrol pembeliannya kepada masyarakat, untuk tahun 2022 kuota sedikit berkurang dibanding tahun sebelumnya," tandasnya.

Editor: Surya