Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ternyata Bangun Pagi Bikin Hidup Lebih Bahagia
Oleh : redaksi
Sabtu | 14-07-2012 | 10:47 WIB
bangun_pagi.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi: bangun pagi

TORONTO, batamtoday - Semua orang ingin bahagia tentunya. Tapi hal itu sulit di dapat bagi mereka yang memiliki kebiasaan bangun terlambat. Setidaknya itulah kesimpulan yang dipublikasikan sejumlah ilmuwan dari Universitas Toronto, Kanada.


Seperti dikutip dari World Healt Journal, Sabtu(14/7/2012), penelitian yang dilakukan akademisi dari Universitas Toronto menemukan bahwa orang yang memiliki kebiasaan bangun terlambat lebih rentan terhadap stress. Sebaliknya mereka yang memiliki kebiasaan bangun pagi umumnya lebih bahagia dan lebih tenang.

"Mereka yang terbiasa bangun pagi akan mudah beradaptasi dengan mode pekerjaan apa pun, termasuk mode kerja konvensional selama delapan jam.," tulis laman kesehatan terkemuka di Amerika Serikat tersebut.

Selain lebih bahagia, mereka yang terbiasa bangun pagi juga akan memiliki fungsi kekebalan tubuh dan lebih sehat dibandingkan dengan orang yang bangun terlambat. 

Penelitian itu melibatkan 735 relawan. Responden dibagi menjadi dua: 435 orang berusia 17 hingga 38 tahun dan, 300 orang lainnya berusia 59 hingga 79 tahun. Hasilnya, orang yang berusia lansia merasa lebih sehat karena mereka terbiasa bangun pagi. 

Sementara, relawan yang berusia produktif mengeluh cepat merasa lelah karena sudah terbiasa bangun siang. Manfaat lain bangun lebih pagi bisa memiliki tubuh lebih ramping. Sebaliknya, mereka yang terbiasa bangun terlambat justru rentan merasa tertekan atau stres, sering tidak teliti dalam pekerjaan, bahkan staminanya akan jauh menurun.