Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Orang Tua Harus Beri Contoh Berkendara dengan Baik
Oleh : Agus/Dodo
Jum'at | 13-07-2012 | 18:51 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Orang tua diharapkan dapat memberikan contoh yang baik kepada anak-anaknya dalam mengendarai kendaraan secara aman.


Seperti penggunaan helm, yang sering dipandang remeh bagi kalangan pelajar, disinyalir juga terjadi akibat banyaknya orang tua yang meremehkan penggunaan pelindung kepala itu.

Data yang dihimpun batamtoday dari Satlantas Polres Tanjungpinang, tercatat ada sekitar 88 kasus laka lantas yang terjadi selama semester I 2012 yang atau terhitung sejak bulan Januari hingga Juni. Dari 88 kasus, 14 korban meninggal dunia.

Adapun 14 korban yang meninggal hampir rata-rata disebabkan karena tidak menggunakan helm ber-SNI maupun tidak menggunakan helm sama sekali saat berkendara.

"Seharusnya orang tua dapat memberikan contoh yang baik pada anak-anaknya bahwa helm itu penting bagi keselamatan jika terjadi apa-apa saat berkendara. Selain itu, dengan adanya contoh yang baik akan mengurangi angka kecelakaan di jalan raya," kata Kasat Lantas Polres Tanjungpinang AKP Oxy Yudha Pratesta, Jumat (13/7/2012).

Oxy, tidak menutupi minimnya kesadaran masyarakat Tanjungpinang menggunakan helm ganda atau tidak menggunakan helm sama sekali saat  berkendara, yang terbukti dari ratusan motor yang setiap bulannya ditilang akibat pelanggaran tersebut.

"Jika kita  memberikan contoh yang baik buat anak-anak sudah pasti anak-anak muda yang berkendara akan lebih baik lagi dari orang tuanya," kata Oxy.