Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Imlek, Harga Ikan Dingkis di Batam Merangkak Naik
Oleh : Paskalis Rianghepat
Rabu | 26-01-2022 | 11:44 WIB
penjual-ikan-mitraraya1.jpg Honda-Batam
Saiful, Pedagang Ikan di Pasar Kaget Tembesi. (Paskalis RH/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Seminggu menjelang tahun baru imlek 2022, harga ikan Dingkis perlahan mulai merangkak naik di sejumlah pasar di Kota Batam.

Pantauan BATAMTODAY.COM di lokasi, sejumlah pedagang mulai menggelar dagangan ikan, termasuk ikan dingkis di pasar Kaget, Jalan Trans Barelang, Tembesi, Senin (24/1/2022).

Adapun harga ikan disana rata-rata masih relatif normal. Namun jenis ikan dingkis jelang tahun baru imlek merangkak naik dari harga biasanya.

"Dari semua ikan yang saya jual disini rata-rata harganya relatif masih normal. Namun ikan dingkis saat ini mulai merangak naik dari Rp 27 ribu perkilogram menjadi Rp 150 ribu perkilogram dari harga normal,"kata Saiful, pedagang ikan di pasar Mitra Raya Batam Center.

Saiful mengatakan, saat ini harga ikan dingkis mencapai Rp 50 ribu, namun ia memprediksi akan terus mengalami kenaikan hingga puncak tahun baru Imlek 2022.

"Biasanya tiga hari menjelang Imlek, harga ikan dingkis di Batam bisa menembus Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu perkilogramnya," ujarnya.

Apalagi, kata dia, saat ini ikan dingkis sangat diminati oleh warga Tionghoa jelang tahun baru imlek. Karena menurut tradisi masyrakat Tionghoa ikan dingkis ini merupakan ikan pembawa rejeki.

Saiful melanjutkan, naiknya harga ikan dingkis saat ini dikarenakan kondisi cuaca yang kurang baik di perairan. Sehingga pasokan ikan dingkis mulai langkah, dan nelayan pun susah menangkap ikan tersebut.

"Nah karena ikan dingkis ini relatif langka, jadi harga dari para nelayan yang memasok ikan dingkis ke kita naik.Sehingga mau tidak mau kita juga menaikkan harga sedikit," tuturnya.

Seperti satu minggu jelang tahun baru imlek sekarang ini, harga ikan dingkid sudah mencapai Rp 50 perkilogram. Apabila nanti H-1 jelang tahun baru imlek masih relatif langkah, bisa saja mencapi Rp 100 ribu sampai Rp 300 ribu perkilogram.

Dia juga menyebutkan, ikan dingkis yang dijual olehnya merupakan ikan dingkis hasil tangkapan nelayan Batam, salah satunya nelayan dari Barelang.

"Kalau ikan dingkis yang saya jual saat ini merupakan ikan dingkis hasil tangkapan nelayan tanjung riau," pungkasnya.

Editor: Yudha