Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pertemuan Leaders' Retreat Indonesia-Singapura di Bintan Teken Sejumlah Nota Kesepahaman
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Selasa | 25-01-2022 | 14:20 WIB
indonesia-singapura1.jpg Honda-Batam
Pertemuan Leaders' Retreat pemerintah Indonesia dan Singapura di The Sanchaya Resort Bintan. (Putra Gema/BTD)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di The Sanchaya Resort Bintan, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Selasa (25/1/2022).

Kehadiran PM Lee di Kabupaten Bintan ini untuk menghadiri Leaders' Retreat Indonesia-Singapura. Saat tiba Pukul 11.40 WIB, PM Lee disambut langsung Presiden Jokowi.

Hadir pula 7 Menteri Kabinet Indonesia Maju yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly.

Sementara itu, dari delegasi Singapura tampak hadir Menteri Senior dan Menteri Koordinator Keamanan Nasional Teo Chee Hean, Menteri Pertahanan Ng Eng Hen, Menteri Luar Negeri Vivian Balakrishnan, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Hukum K. Shanmugam, Menteri Transportasi S. Iswaran, serta Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Kedua Perdagangan dan Industri Tan See Leng.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, pimpinan Indonesia dan Singapura ini menyaksikan secara langsung penandatanganan dan pertukaran sejumlah Nota Kesepahaman antara beberapa Menteri Indonesia dan Delegasi Singapura.

Selain itu, pertemuan ini juga membahas dan meninjau kembali kemajuan yang dicapai bersama dalam kerja sama bilateral yang terakhir diteken pada Leaders Retreat di Singapura pada 2019 lalu.

Pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong selesai dilaksanakan pukul 13.13 WIB.

Setelah melakukan pertemuan dengan PM Singapura, Presiden Jokowi dan rombongan diagendakan untuk menuju PT Bintan Alumina Indonesia (BAI)di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang, Kabupaten Bintan, untuk melakukan pelepasan ekspor perdana tahun 2022 smelting grade alumina.

Editor: Yudha