Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kompolnas Sebut Polri Belum Mampu Atasi Premanisme
Oleh : Ali/Dodo
Kamis | 12-07-2012 | 18:08 WIB

BATAM, batamtoday - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sangat menyayangkan kinerja Polri saat ini yang belum bisa sepenuhnya mengatasi premanisme dan arogansi yang dilakukan ormas-ormas di tanah air, khususnya di Batam.

 
"Kami dari Kompolnas sangat sedih dan merasa kecewa dengan Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat karena sampai dengan saat ini belum bisa mengatasi berbagai aksi premanisme dan ormas-ormas radikal yang sudah sangat meresahkan masyarakat luas," ujar M Nasser, anggota Kompolnas yang terjun ke Polda Kepri.

Menurutnya, ketika ada permasalahan aksi anarkis, kerap selalu terjadi pemaksaan kehendak oleh orang-orang tertentu. Sebagaimana diketahui, atas aksi bentrok dua kubu di Batam beberapa waktu lalu, hingga saat ini ketua masing-masing kelompok yang bertikai yakni Basri dan Toni belum juga dilakukan penahanan oleh pihak Polresta Barelang.

Bahkan, penyidik hanya mampu memeriksa Karto, pemilik Hotel Planet Holiday yang menjadi lokasi bentrikan berdarah itu, satu kali saja sebagai saksi.

Sementara itu di tempat yang sama, Kabid Humas Polda Kepri AKBP Hartono menerangkan, upaya yang sedang dilakukan Komponas sudah selayaknya. Pasalnya Hartono mengakui proses hukum yang dilakukan polisi di wilayah hukum Polda Kepri masih banyak kekurangan, dalam hal ini pelanggaran.

"Kami yang dihumas ini sangat sulit uintuk menjawab berbagai pertanyaan yang dajukan masyarakat. Karena banyaknya permasalahan yang masih terganjal dan masyarakat tidak mau tahu dengan kendala yang kami hadapi," dalih Hartono tanpa menyebut secara riil kendala tersebut.