Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolda Kepri Resmikan Pengoperasian RTMC
Oleh : Agus/Ali/Dodo
Kamis | 12-07-2012 | 13:08 WIB

BATAM, batamtoday - Kapolda Kepulauan Riau, Brigjen Pol. Yotje Mende meresmikan beroperasinya Regional Traffic Management Centre (RTMC) di Mapolda Kepri, Kamis (12/7/2012).


"Semoga dengan kehadiran TMC ini, Polda Kepri dapat memenuhi harapan masyarakat akan pelayanan kepolisian yang cepat, murah dan profesional," kata Yotje.

Pada kesempatan tersebut, Yotje juga menyatakan RTMC merupakan manajemen lalulintas yang di dalamnya dilengkapi dengan suatu sistim terintegrasi dalam suatu ruangan yang dilengkapi dengan teknologi komputer, layar CCTV yang terletak di setiap simpang di berbagai wilayah Kepri seperti Batam, Tanjungpinang dan Karimun.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Kepri juga sempat melakukan tele conference dengan Kasat Lantas Polresta Barelang, Kapolres dan Kasat Lantas Polres Tanjungpinang dan Karimun.

Tujuan dibentuknya RTMC, kata Kapolda, ada tiga yakni sebagai pelayanan "Quick Respon Time" secara profesional terhadap masyarakat, sebagai pelayanan penegakan hukum serta sebagai pusat informasi bagi Polri dan masyarakat.

Untuk Program TMC, menggunakan Pelayanan "Quick Respon Time" secara profesional terhadap masyarakat, analisa pelanggaran dan kecelakaan lalulintas (Black Spot).

Pusat Informasi SIM, STNK, BPKB bagi Polri dan Masyarakat, Pusat Informasi kegiatan dan Kemacetan Lalu Lintas, Pusat Informasi Hilang Temu Kendaraan Bermotor.

Pusat Kendali Patroli Ranmor dalam mewujudkan Keselamatan dan Kamtibcar Lantas. Pusat Informasi Kualitas Baku Mutu Udara, Pusat Pengendalian Lalu Lintas.

Untuk kecanggihan teknologi tugas para awak Ruangan Traffic Management Centre dititikberatkan sebagai Pusat Komando dan Pengendalian Operasional Kepolisian di bidang Lalu Lintas.

"Seluruh data dari kewilayahan ditampung di ruangan ini yang kemudian diolah untuk siap disajikan dilihat diharapkan dapat membantu tugas-tugas Polri dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat" tegas Yotje.

Teknologi yang dimiliki Traffic Management Centre adalah GPS (Global Positioning System), CCTV (Closed Circuit TeleVision), SMS (Short Messaging Service), Internet Service (Website), Identification Service (SIM, STNK & BPKB), Traffic Accident Service (Pelayanan Informasi Laka Lantas ), Law Enforcement Service (Pelayanan Penegakkan Hukum), Teleconference (Teknologi Konferensi Jarak Jauh).