Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Satgas Ungkap Kepri dan DKI Jakarta Alami Kenaikan Kasus Covid-19 Selama 4 Pekan Berturut-turut
Oleh : Redaksi
Sabtu | 08-01-2022 | 08:24 WIB
wiku_adisasmito_bnpb_b4.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Juru Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Juru Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, sejumlah provinsi mengalami kenaikan kasus Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir.

Wiku mengatakan, Kepulauan Riau (Kepri) dan DKI Jakarta mengalami kenaikan kasus Covid-19 dalam empat minggu berturut-turut.

"Kemudian Kalimantan Selatan mengalami kenaikan kasus dalam 3 minggu berturut-turut," kata Wiku dalam konferensi pers secara virtual melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (7/1/2022).

Wiku mengatakan, sebanyak 8 provinsi juga mengalami peningkatan kasus Covid-19 dalam dua pekan terakhir. Ke-delapan provinsi tersebut adalah Aceh, Sumatera Utara, Banten, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara dan Papua.

"Perlu diperhatikan bahwa pada beberapa daerah data kenaikan kasus banyak dikontribusikan oleh pencatatan kasus dari pelaku perjalanan luar negeri yang masuk ke Indonesia," ujarnya.

Oleh karenanya, kata Wiku, pemerintah pusat terus mengupayakan proses karantina bagi pelaku perjalanan dari luar negeri dilakukan dengan baik untuk mencegah transmisi lokal dari kasus positif.

Wiku menekankan, kasus Covid-19 hanya dapat ditekan dengan peran serta masyarakat yang patuh pada protokol kesehatan dan karantina sepulang dari luar negeri.

"Kedisiplinan protokol kesehatan ditempat umum dan bagi pelaku perjalanan juga perlu untuk selalu diawasi dan ditegakkan untuk mencegah semakin meluasnya penularan," pungkasnya.

Editor: Surya