Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Luhut Sebut Varian Omicron Sudah Menyebar di Mana-mana, Masyarakat Diminta Waspada
Oleh : Redaksi
Selasa | 04-01-2022 | 11:00 WIB
menko-luhut-lobam-21.jpg Honda-Batam
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meyakini virus COVID-19 varian Omicron sudah menyebar di tengah masyarakat. Terlebih kasus Omicron di Indonesia sudah mencapai 152 kasus, enam di antaranya merupakan transmisi lokal.

"Saya jujur, kalau melihat tadi (varian Omicron) sudah menyebar di mana-mana, ya ndak mungkin Omicron itu tidak ada di publik, sudah ada," ujar Luhut Dalam konferensi pers disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (3/1/2022).

Luhut menyebut, ia menemukan laporan bahwa satu pasien Omicron bertemu dengan belasan orang. Tetapi belasan orang tersebut dinyatakan negatif COVID-19 saat dites.

Luhut meminta masyarakat untuk tetap waspada. Menurutnya, bisa saja seseorang sudah terpapar varian Omicron tetapi tidak merasa sakit karena antibodinya cukup kuat. Tetapi, orang tersebut sangat mungkin bisa menularkan virus itu kepada orang lain.

Oleh karena itu, ia meminta masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

"Masyarakat tetaplah mematuhi protokol kesehatan. Kita tak perlu takut berlebihan, paranoid, asalkan tetap memakai masker dan disiplin mematuhi protokol kesehatan," tambah Luhut.

Sebelumnya Luhut mengungkapkan kasus positif COVID-19 varian Omicron mencapai 152 kasus. Namun, ia memastikan 23 persennya sudah sembuh.

Sumber: Detik.com
Editor: Yudha