Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hore, Gaji Guru Honor di Batam Bakal Naik
Oleh : Ocep/Dodo
Rabu | 11-07-2012 | 15:28 WIB
guru_ilustrasi.jpg Honda-Batam
Ilustrasi guru.


BATAM, batamtoday - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam mengajukan penambahan alokasi anggaran terutama untuk pembayaran honor guru, dalam APBD Perubahan 2012.


Pengajuan penambahan honor guru itu diungkapkan Muslim Bidin, Kepala Disdik Kota Batam dalam Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Komisi IV DPRD Kota Batam, Rabu (11/7/2012).

Dalam rapat, Muslim antara lain mengatakan pihaknya mengajukan penambahan anggaran dalam APBD Perubahan.

"Penambahannya sebesar Rp5,982 miliar," katanya.

Usulan penambahan anggaran itu paling besar dialokasikan untuk pembayaran honor guru sebesar Rp3,579 miliar.

Penambahan itu diperlukan untuk meningkatkan besaran honor guru dari yang dialokasikan dalam APBD sebesar Rp850 ribu per bulan menjadi Rp902 ribu per bulan.

Artinya, jika usulan penambahan itu nantinya disetujui DPRD maka dapat dipastikan gaji guru honor di kota ini akan naik sebesar Rp52 ribu.

Selain itu, penambahan anggaran tersebut juga diperlukan karena terjadi peningkatan jumlah guru honor yang tercatat di Disdik Batam dari 1.522 menjadi 1.709 orang.

Adapun jumlah guru PNS di Batam berjumlah sekitar 2.500 orang.

Anggaran kedua terbesar dari penambahan anggaran itu juga, lanjut Muslim, dialokasikan untuk pembangunan ruang kelas baru, rehabilitasi sekolah dan pengadaan muebiler sekolah sebesar Rp864,025 juta.

Alokasi lain yang diajukan dalam penambahan anggaran adalah untuk peningkatan perlengkapan administrasi sekolah sebesar Rp837,157 juta.

Usulan penambahan anggaran itu juga untuk membiayai keikut sertaan para pelajar Batam dalam ajang Olympiade Olahraga Siswa Nasional sebesar Rp546,525 juta.

Kemungkinan besar, usulan penambahan anggaran itu akan berjalan mulus di DPRD Batam mengingat selama Rakor berlangsung selama sekitar tiga jam, tidak ada satupun penolakan berarti dari para Anggota Komisi IV.