Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masuk Musim Utara, Pedagang Pasar Botania Keluhkan Minimnya Pasokan Ikan Laut
Oleh : CR8
Senin | 20-12-2021 | 10:52 WIB
pedagang-ikan1.jpg Honda-Batam
Pedagang ikan laut di Pasar Botania 1 Batam Center. (Aldy Daeng/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Memasuki musim angin utara, pasokan ikan laut yang dijual di pasaran jadi berkurang karena minimnya pasokan dari nelayan.

Udin, salah satu pedagang dikan di Pasar Botania 1 Batam Center, mengatakan saat ini tidak banyak stok ikan laut, cumi dan udang yang dijual. Mereka hanya menjual ikan laut stok lama yang masih layak dijual.

"Stok tidak banyak pak, adanya seperti ini saja tapi masih terbilang segarlah. Biasanya tiap hari datang, tapi sudah tiga hari ini agak susah karena nelayan pun tidak banyak melaut karena sudah masuk musim utara, anginnya kuat," kata udin, Senin (20/12/2021).

Sementara Ajo, pedagang lainnya di Pasar Botania 1, mengatakan harga ikan, cumi dan udang sudah mulai naik karena kiriman dari nelayan sudah berkurang. Hal itu akibat cuaca yang tidak bersahabat di musim angin utara.

Dijelaskan, untuk masalah harga tidak terlalu banyak kenaikan seperti ikan tongkol masih berkisar Rp 32 ribu hingga Rp 35 ribu per kilogram. Sementara harga ikan tenggiri dan ikan bawal masih dikisaran Rp 75 ribu hingga Rp 80 ribu per kilogram. Udang Rp 75 ribu hingga Rp 95 ribu per kilogram dan cumi kecil Rp 40 ribu - Rp 45 ribu per kilogram.

"Sementara cumi besar untuk saat ini sedang kosong. Bila mengikuti tahun tahun sebelumnya harga ikan laut bisa melambung tinggi pada saat mendekati tahun baru. Sudah masuk angin utara bang, banyak nelayan yang tidak melaut," ungkapnya.

Editor: Yudha