Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BNN Tanjungpinang Enggan Publikasikan Hasil Tes Urine Anggota TNI dan Polri
Oleh : Charles/Dodo
Selasa | 10-07-2012 | 12:47 WIB
tes-urine-tpi.gif Honda-Batam
Tes urine terhadap anggota polisi di Tanjungpinang beberapa waktu lalu.

TANJUNGPINANG, batamtoday - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tanjungpinang enggan memublikasikan hasil tes urine sejumlah anggota TNI dan Polri yang digelar beberapa waktu lalu.


Kepala BNN Kota Tanjungpinang AKBP Ahmad Yani mengatakan pelaksanaan tes urine pada sejumlah anggota Polri dan TNI itu, telah dilakukan dalam beberapa minggu terakhir dan hasilnya telah diketahui.

Namun untuk publikasi, Yani berdalih pihaknya tidak memiliki kapasitas, dengan alasan pelaksanaan tes urine yang dilakukan bukan dalam rangka kepentingan penegakan hukum (pro justicia-red.) melainkan merupakan upaya pembinaan dan penegakan disiplin yang dilakukan masing-masing atasan pada anggotanya.

"Pelaksanaan tes urine benar telah kami lakukan pada anggota TNI dan Polri, tetapi untuk hasil kami tidak berhak melakukan publikasi, silakan langsung tanya pada pimpinan masing-masing," kata Yani, Selasa (10/7/2012).

Disinggung dengan indikasi apakah dari tes yang dilakukan, ada anggota yang positif menggunakan Narkoba, Yani menyatakan dari sejumlah anggota Polres Tanjungpinang dan anggota TNI di Korem 033 Wira Pratama, hasil tes urine masing-masing diketahui ada yang mengandung Amphetamine.

Tetapi mengenai hasil lengkap dan sanksi yang akan diterapkan, Yani kembali mempersilahkan media menanyakan langsung pada atasan anggota masing-masing.

"Dari hasil tes urine, sebagian anggota ada positif urine-nya mengandung amphetamine, tetapi siapa dan berapa orang, silakan tanya kepada atas yang bersangkutan, karena kami tidak berhak menyatakan hal itu," jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Tanjungpinang AKBP Suhendri yang dikonfirmasi batamtoday terkait dengan hasil tes urine anggotanya, juga enggan memberikan jawaban, dengan alasan kalau pihaknya belum menerima hasil secara tertulis dari BNN.

Sementara itu, berdasarkan informsi yang diperoleh batamtoday, Danrem 033 Wira Pratama Kepri, Brigjen TNI Deni K Irawan juga memerintahkan sejumlah anggotanya yang diduga sering menggunakan narkoba untuk melakukan tes urine.

Pelaksanaan tes urine sendiri dilakukan di kantor BNN Kota Tanjungpinang, dengan anggota datang satu persatu sesuai dengan perintah komandannya.

Dari belasan anggota TNI-AD yang dilakukan tes urine, Yani juga mengakui, jika diantara mereka ada yang positif menggunakan amphetamine.