Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi Lonjakan Harga Bahan Pokok Jelang Nataru, Disperindag Kota Batam Gelar Operasi Pasar
Oleh : CR-8
Senin | 13-12-2021 | 13:52 WIB
operasi_pasar-villa-pesona-01.jpg Honda-Batam
Operasi pasar yang diadakan di Perumahan Villa Pesona Asri. (Daeng/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Untuk menekan lonjakan harga kebutuhan pokok atau sembako menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dsprindag) Kota Batam menggelar operasi pasar di 12 kecamatan yang ada di Batam.

Operasi pasar dimulai hari ini, Senin (13/12/2021), di Kecamatan Batam Kota dan Kecamatan Nongsa. Untuk di Kecamatan Batam Kota, operasi pasar ini diadakan di Perumahan Villa Pesona Asri dan Fasum RW 12 Kavling Senjulung, Kelurahan Kabil, untuk Kecamatan Nongsa.

Dalam setipa operasi pasar, ada sekitar 20 distributor yang ikut andil menyediakan kebutuhan pokok untuk dijual ke masyarakat dengan harga di bawah harga pasar yang ada.

Kadis Perindak Kota Batam Gustian Riau menyampaikan, operasi pasar klali ini dilakukan di semua kecamatan yang ada di kota Batam, dengan dua kecamatan per hari-nya.

Sistem operasi pasar kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana pada tahun ini para distributor yang ikut andil secara langsung terlibat dalam penyedian sembako dan lainnya, yang akan dijual ke masyarakat di lokasi operasi pasar dengan harga di bawah harga pasar.

"Tiap hari, selama satu minggu, diadakan operasi pasar di 12 kecamatan di Batam. Per hari ada dua lokasi di dua kecamatan. Kali ini para distributor langsung ke lokasi menyediakan sembako untuk dijual ke masyarakat dengan harga dibawah harga pasar," terang Gustian Riau.

Seorang distributor yang hadir menyediakan sembako di operasi pasar di Villa Pesona Asri, Andri mengatakan, sebagai distributor yang langsung menjual sembako di lokasi yang telah ditentukan pemerintah, pihaknya membawa satu unit mobil yang berisi sembako untuk operasi pasar hari ini.

"Operasi pasar selama enam hari, setiap hari berbeda lokasi. Berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini lokasi sudah ditentukan oleh pemerintah, kita datang menyediakan sembako untuk dijual ke masyarakat di bawah harga pasar," ujar Andri yang mengaku dari distributor Serijaya.

Dalam operasi pasar yang digelar Disperindag Batam ini, agen gas LPG 3 kg juga turut andil. Untuk Kecamatan Batam Kota, gas LPG 3 kg disediakan dari Agen PT Amarta Anugerah Mandiri, dengan harga Rp 18 ribu/tabung.

Inilah jadwal operasi pasar di Kota Batam selama satu minggu. Senin, 13 Desember 2021, mulai pukul 09.00-13.00, lokasi Villa Pesona Asri, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota. Untuk Kecamatan Nongsa diadakan di Fasum RW 12 Kavling Senjulung, Kelurahan Kabil.

Untuk Selasa, 14 Desember 2021, pukul 09.00-13.00, diadakan di Pasar BBC, Kecamatan Sagulung. Dan untuk Kecamatan Batuaji digelar di Ruko Griya Permai. Untuk Rabu, 15 Desember 2021, pukul 09.00-13.00, diadakan di Lapangan Bola Usman Harun, Kecamatan Seibeduk.

Pada Kamis, 16 Desember 2021, pukul 09.00-13.00, digelar di Halaman Kantor Camat Bengkong, Kecamatan Bengkong. Untuk Kecamatan Sekupang diadakan di Gor Raja Gakfar. Sabtu, 18 Desember 2021, pukul 09.00-13.00, lokasi Lapangan Bola Tanjung Uma untuk Kecamatan Lubukbaja. Dan untuk Kecamatan Batuampar diadakan di Lapangan GMP Tahap lll Tanjung Sengkuang.

Editor: Yudha