Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

INSA Tegaskan Tidak Ada Kenaikan Harga Tiket Angkutan Laut
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Sabtu | 07-07-2012 | 11:50 WIB

BATAM, batamtoday - INSA (Indonesian National Ship Association) Batam menegaskan tidak ada kenaikan harga tiket angkutan laut pelayaran dari Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) untuk angkutan mudik lebaran. INSA hanya memberlakukan harga normal setelah diskon dihapuskan.


"Tidak ada kenaikan harga tiket. Hanya kembali ke tarif normal karena selama ini memakai harga diskon," ujar Asmadi, penasehat INSA dan DPC Pelra (Pelabuhan Rakyat) Kota Batam, Sabtu (7/7/2012).

Dijelaskannya, saat hari biasa biasanya penumpang sepi. Pihak operator mengambil kebijakan untuk memberikan diskon tarif dari harga normal. Seperti kapal tujuan Dumai, yang harga normalnya Rp320 ribu, saat hari biasa diberikan diskon Rp260 ribu, bahkan liburan ini dinaikkan hanya Rp300 ribu yang artinya masih ada diskon lagi Rp20 ribu.

"Sama sekali tak ada kenaikan harga tarif angkutan. Harus diingat, angkutan domestik paling stabil harganya sejak tahun 2009," tegasnya.

Apabila penumpang sepi, akan kembali ke harga diskon lagi. Harga tersebut hanya untuk penyesuaian saja. Saat hari besar dihilangkan harga diskonnya.

"Alasan harga dikembalikan ke harga normal karena saat hari besar biasanya saat pergi penumpang ramai, saat pulang biasanya kosong," ungkapnya.

Sementara itu, Marno, operator Rahmat Jaya juga mengatakan bahwa tidak ada kenaikan harga tiket, akan tetapi mengembalikan ke harga normal setelah diskon dihapuskan. Tujuan ke Tanjung Batu misalnya harga normal, Rp100 ribu, setelah diskon Rp70 ribu. Tujuan Kuala Tungkal harga Rp285 ribu, setelah diskon Rp260 ribu.

"Tidak ada kenaikan tarif, hanya saat hari besar, kembali ke harga normal," kata Marno.