Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inggris Lumat San Marino 10-0, Lolos ke Piala Dunia 2022
Oleh : Redaksi
Selasa | 16-11-2021 | 11:08 WIB
harry-kane12.jpg Honda-Batam
Harry Kane membukukan empat gol (dua penalti) untuk the Three Lions.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Timnas Inggris berhak melaju ke putaran final Piala Dunia 2022. Menyusul kemenangan telak atas tim lemah San Marino dengan skor 10-0.

Bertanding di Olimpico di Serravalle, Selasa (16/11/2021) dinihari WIB, Harry Kane membukukan empat gol (dua penalti) untuk the Three Lions. Gol-gol tim pemenang lainnya dicetak oleh Harry Maguire, Filippo Fabbri (gol bunuh diri), Emile Smith Rowe, Tyrone Mings, Tammy Abraham, dan Bukayo Saka.

San Marino menyudahi permainan dengan 10 orang. Dante Rossi diusir dari permainan lebih awal setelah menerima kartu kuning kedua (kartu merah) di babak kedua.

Dengan kemenangan ini, Inggris tampil sebagai juara Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2022 usai mengoleksi 26 poin dari 10 pertandingan. Tim besutan Gareth Southgate itu sekaligus memastikan diri berlaga di Qatar pada tahun depan.

Pesta gol Inggris dimulai di menit keenam. Harry Maguire dengan mudah menanduk bola hasil sepakan penjuru Phil Foden untuk disarangkan ke gawang San Marino. Skor 1-0 untuk Inggris.

Keunggulan Inggris bertambah menjadi 2-0 kurang dari 10 menit berselang. Inggris diuntungkan karena Fabbri mencetak gol ke gawangnya sendiri usai salah mengantisipasi sepakan Bukayo Saka dari sisi kiri.

Wasit menunjuk titik putih ke kotak penalti San Marino setelah Rossi melakukan handball. Harry Kane mengirim Benedettini jatuh ke arah yang salah dan sukses menjaringkan bola ke tengah gawang untuk mengubah skor 3-0 di menit ke-27.

Hanya empat menit berselang, Kane mencetak gol keduanya sekaligus menjadikan keunggulan Inggris 4-0. Smith Rowe mengirim crossing dari sayap kiri lalu diteruskan Kane dengan sepakan kaki kiri yang bersarang di sudut bawah gawang.

Penalti lain dihadiahkan kepada Inggris setelah D'Addario melakukan handball karena sundulan Kane. Pemain yang disebut terakhir kembali lagi-lagi sukses menjebol gawang San Marino, kali ini menempatkan bola ke sudut atas gawang. San Marino 0, Inggris 5 di menit ke-39.

Jelang turun minum, Inggris menggenapkan keunggulannya menjadi setengah lusin. Kane mengemas gol keempatnya di pertandingan ini dengan melewati kawalan dua pemain lawan sebelum melepaskan sepakan ke sudut kiri gawang San Marino.

Setelah restart, Smith Rowe mencetak gol ketujuh Inggris sebelum pertandingan berlangsung sejam. Saka mengirim umpan silang dari kanan, yang diteruskan Abraham dengan back heel sebelum diakhiri Smith Rowe dengan sepakan dari tengah kotak.

Meski sudah memastikan kemenangan di tangan, Inggris tidak berniat memberi ampun pada tim tamu. Pada menit ke-69, Inggris mencetak gol kedelapan dari sundulan Mings setelah menuntaskan umpan silang Abraham. Kedudukan kini 8-0.

Sembilan menit kemudian, Inggris mengungguli San Marino 9-0. Abraham menerima umpan lambung Trent Alexander-Arnold dengan dadanya lalu menyelesaikan dengan sepakan mendatar ke sudut bawah gawang.

Inggris akhirnya mencetak kemenangan dobel digit. Saka mengukir namanya di papan skor setelah memaksimalkan umpan Alexander-Arnold untuk menyudahi perlawanan San Marino dengan keunggulan 10-0 di menit ke-79.

Sumber: detik.com
Editor: Yudha