Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Indonesia 0-1 Australia

Timnas Indonesia Kalah Tipis dari Australia
Oleh : Redaksi/Mg
Jum'at | 06-07-2012 | 09:25 WIB
Timnas-Indonesia-Andik-Australia.jpg Honda-Batam
Kapten Timnas Indonesia, Andik Vermansyah (kanan) saat berduel dengan pemain Australia yang memiliki postur tubuh jauh lebih besar, foto:sidomi

PEKANBARU, batamtoday - Pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-22 antara Indonesia Vs Australia, berakhir dengan skor 0-1 untuk kemenangan Australia. Satu-satunya gol Australia dicetak pada akhir babak pertama melalui tandukan kepala.


Postur tubuh yang berbeda jauh, ditambah kualitas jam terbang yang juga timpang membuat Indonesia harus mengakui keunggulan Australia.

Bermain di Stadion Utama Riau, Kamis(5/7/2012), Indonesia tampil dengan semangat penuh. Begitu peluit babak pertama dibunyikan, Indonesia berinisiatif untuk langsung menekan lini pertahanan Australia. Beberapa kali bahkan pemain Indonesia berhasil lolos, hanya saja penyelesaian akhir yang belum maksimal. Andik Vermasnyah sebagai ujung tombak, berhasil mengancam Australia ketika pertandingan menginjak menit ke-3. Sayang sepakan pemain Persebaya itu masih melebar.

Hingga 43 menit pertandingan babak pertama berjalan, kedudukan tetap imbang 0-0 tanpa gol. Namun ketika waktu menginjak menit ke-44 petaka datang menghampiri Garuda Muda. Memanfaatkan tendangan sudut, tandukan Anthony Proia yang berpostur tubuh cukup jangkung berhasil merobek gawang Indonesia yang dikawal oleh Aji Saka tanpa halangan apapun dari bek Indonesia yang memiliki postur rata-rata. Skor berubah menjadi 0-1 untuk Australia menutup laga di paruh pertama.

Memasuki babak kedua, kedua tim sama-sama mengancam lini pertahanan lawan. Indonesia yang mengandalkan Andik terlihat beberapa kali membahayakan gawang Nicholas Munro. Kerjasama satu dua dengan sesekali melakukan serangan balik cepat adalah ciri khas permainan Indonesia. Namun sayang, sejumlah peluang yang tercipta, tidak satupun mampu dikonversi menjadi gol.

Memasuki menit ke-84, Andik harus ditandu ke luar lapangan. Pemain mungil ini mengalami cedera pada lutuh kirinya.

Hingga pertandingan berakhir, skor 0-1 untuk Australia tetap bertahan. Hasil ini tentu agak memperberat langkah Indonesia untuk lolos ke putaran Final Piala Asia U-22, walaupun untuk menjadi runner up grup E. Pasalnya pada laga sebelumnya, Singapura Vs Timor Leste berakhir dengan skor 2-1, sementara Jepang Vs Makau berakhir dengan skor 6-0.