Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

60 Ibu di Bintan Ikut Program KB Gratis Model Tubektomi
Oleh : Harjo
Senin | 25-10-2021 | 17:48 WIB
KB-Gratis-Bintan.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan saat meninjau layanan KB gratis di RSUD Bintan. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Plt Bupati Roby Kurniawan berkesempatan meninjau langsung pelayanan KB dengan metode operasi wanita (MOW) gratis di RSUD Bintan.

Pada kesempatan itu, Roby mengapresiasi kinerja Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Bintan beserta jajaran atas terlaksananya kegiatan tersebut.

"Ini tentu sangat luar biasa, bagaimana pemerintah berusaha untuk meningkatkan pelayanan KB kepada masyarakat," katanya, belum lama ini.

MOW atau dalam istilah medis disebut tubektomi, adalah metode kontrasepsi yang bersifat sukarela bagi seorang wanita. Biasanya, tindakan ini dipilih oleh wanita yang sudah memiliki lebih dari tiga anak, berusia di atas 30 tahun, atau tidak menginginkan keturunan lagi. Sterilisasi ini juga kerap menjadi pilihan bagi wanita yang kehamilannya berisiko tinggi.

Kepala BP3KB Bintan, Mardiah menuturkan, pelaksanaan kegiatan pelayanan KB gratis MOW ini dilaksanakan di RSUD Bintan mulai dari tanggal 21 Oktober hingga 6 November 2021.

Sebelum dilakukan tindakan MOW, calon akseptor telah melalui 2 tahap skrining/pemeriksaan awal yaitu pertama skrining di Puskesmas terdekat lalu skrining kedua dilakukan di RSUD Bintan serta melakukan tes rapid antigen.

"Jumlah peserta akseptor mencapai 60 orang se-Kabupaten Bintan dengan akseptor terbanyak dari Kecamatan Teluk Sebong sebanyak 20 orang," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, Plt Bupati Roby Kurniawan juga menyerahkan bantuan uang pengganti biaya hidup sebesar Rp 300 ribu kepada akseptor selama mereka dirawat. Roby juga terlihat memberikan buah tangan dalam kunjungannya tersebut.

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur RSUD Bintan, dr Benni Antomi; Camat Bintan Timur, Sofian dan jajaran terkait lainnya.

Editor: Gokli