Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Telkom Jamin Tak Ada Gangguan Layanan Internet Saat Reparasi Kabel Laut Jasuka
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 24-09-2021 | 10:12 WIB
perbaikan-kabel-laut2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Telkom Group menjanjikan layanan internet tidak akan terganggu selama proses perbaikan kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera, Kalimantan) karena sudah mengubah rute jaringan (rerouting).

Vice President Marketing Management Telkom, E. Kurniawan, mengatakan mereka tengah fokus mempercepat perbaikan kabel laut Jasuka supaya layanan internet IndiHome kembali pulih.

"Kami telah mengalihkan routing layanan ke network lainnya dan saat ini fokus untuk mempercepat perbaikan kabel laut JaSuKa serta memberikan win-win solution bagi pelanggan," ujar E. Kurniawan lewat keterangan tertulis, Kamis (23/9/2021).

Kurniawan mengatakan perbaikan instalasi kabel bawah laut Jasuka tak berkaitan dengan pemulihan layanan internet. Sebab, Telkom memiliki jalur jaringan cadangan (back up link) baik di Batam maupun di Manado.

"Sehingga, dengan routing network (pengalihan rute jaringan) dapat kembali normal," ujarnya.

Kurniawan mengatakan dengan adanya pemulihan layanan internet, Telkom mengalihkan frekuensi dan prioritas layanan agar pengguna dapat melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah (LFH) dan bekerja dari rumah (WFH).

"Pemulihan tanggal 20 [September] pagi sudah dilakukan dengan pengalihan routing dan prioritas layanan untuk LFH dan WFH khususnya agar pelanggan yang sedang Mid Test tetap lancar," ungkapnya.

Terpisah, Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono, mengatakan proses perbaikan kabel bawah laut JaSuKa diperkirakan bakal memakan waktu selama satu bulan.

Dia mengatakan prediksi masa perbaikan diperlukan untuk proses penyambungan kabel laut yang perlu didahului berbagai persiapan. Di antaranya penyiapan cableship (kapal kabel laut) yang akan dioperasikan menuju titik gangguan.

Kapal kabel laut itu akan melakukan penyambungan, penyiapan peralatan, dan kelengkapan yang diperlukan pengajuan perizinan untuk pengerjaan perbaikan kabel laut yang merupakan sumber gangguan.

Hingga kini Telkom belum mengungkap apa penyebab putusnya kabel laut bawah laut itu.

Gangguan terhadap pengguna layanan internet melalui operator Telkomsel dan Telkom dilaporkan terjadi sejak 19 September sore. Gangguan itu disebabkan oleh kerusakan atau putusnya kabel laut JaSuKa.

Dengan adanya gangguan layanan internet itu, Kurniawan mengatakan akan ada ganti rugi kepada seluruh konsumen IndiHome yang layanan internetnya terganggu.

Kurniawan menjelaskan kompensasi diberikan berupa pengunduran masa pembayaran dari tiap pelanggan sampai 25 September. Selain itu ada juga pemutihan denda keterlambatan pembayaran layanan internet.

Buat mengetahui kompensasi yang diberikan, para pelanggan diminta datang langsung ke pusat pelayanan Telkom terdekat.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha