Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Efek Samping yang akan Dirasakan Setelah Divaksin Platform Moderna
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Kamis | 26-08-2021 | 15:20 WIB
A-VAKSIN-MODERNA.jpg Honda-Batam
Ilustrasi vaksin Moderna. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Mulai Besok, Masyarakat Kota Batam sudah bisa menerima vaksin jenis Moderna. Tapi, apakah ada efek sampingnya? Berikut ulasan gejala yang akan dirasakan penerima vaksin.

Pelaksanaan vaksinasi dosis pertama Moderna dijadwalkan akan berlangsung Jumat (27/8/2021) di Vihara Maiterya, Kota Batam.

Berbeda dengan penyelenggaraan vaksinasi massal pada umumnya, penerima dosis Moderna dosis pertama ini harus mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui website http://vaksinmaitreya.org/?moderna1.

Wakil Ketua Harian Tim Gugus Covid-19 Kepri, Tjetjep Yudiana menuturkan, kuota vaksin Moderna langsung diberikan kepada pihak ke-3 sebagai penyelenggara vaksinisasi.

Dalam hal ini, Tjetjep juga menargetkan 35 ribu masyarakat Batam menjadi penerima vaksin Moderna.

BACA JUGA: Mulai Besok, Masyarakat Kota Batam Sudah Bisa Terima Vaksin Moderna

"Target kita segitu untuk saat ini. Kita lihat nanti pendaftaran melalui aplikasi sampai hari pelaksanaan," kata Tjetjep melalui telepon selulernya, Kamis (26/8/2021).

Tjetjep juga mengingatkan mengenai efek samping vaksin Moderna, yang lebih dari dua vaksin sebelumya Sinovac dan AstraZeneca. Di mana para penerima, akan mengalami gejala demam dan sakit kepala, maksimal selama dua hari setelah menerima suntikan.

"Semua jenis vaksin memiliki side effect masing-masing. Jadi tidak perlu takut, ini yang harus diketahui dulu oleh masyarakat kita," tegasnya.

Ia menjelaskan, sebelumnya vaksin Moderna merupakan booster dosis ketiga untuk tenaga medis dan berdasarkan proses pemberian dosis booster hingga saat ini, seluruh tenaga medis tidak menunjukkan gejala apapun.

"Sampai sekarang para nakes kita di Kepri juga baik-baik saja setelah menerima vaksin Moderna," ungkapnya.

Adapun kuota vaksin Moderna yang diberikan untuk Batam saat ini berjumlah 446 vial, dan akan segera ditambah dalam waktu dekat ini. Sementara stok vaksin Moderna di Provinsi Kepri berjumlah 7.500 vial.

"Kedepannya kita tetap akan menerima Moderna dan dikhususkan bagi yang belum pernah menerima," tutupnya.

Editor: Dardani