Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hobi Memasak dan Ingin Jadi Chef Profesional? Kuasai 7 Skill Ini
Oleh : Redaksi
Selasa | 10-08-2021 | 10:12 WIB
chef1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi hobi memasak. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Berawal dari hobi memasak menjadi chef profesional? Mengapa tidak? Hobi meracik bahan makanan menjadi hidangan lezat tidak hanya bisa dimanfaatkan di dapur rumah. Kamu bisa mengembangkannya dan meraih cita-cita sebagai chef profesional.

Akan tetapi, hobi masak saja tentunya tidak cukup kalau kamu bercita-cita menjadi chef di restoran dan hotel berbintang. Ada beberapa skill yang harus kamu kuasai supaya bisa menjadi seorang chef andal.

Masih bingung skill apa saja yang dibutuhkan untuk berkiprah sebagai chef profesional? Mari simak pembahasannya yang telah dirangkum oleh Batam Tourism Polytechnic (BTP), salah satu politeknik swasta terbaik di bidang pariwisata di Batam, Kepulauan Riau. Berikut ulasannya:

1. Kemampuan Memilih Bahan Makanan
Skill pertama yang wajib dimiliki seorang chef profesional adalah kemampuan memilih bahan makanan. Restoran dan hotel berbintang tentunya memiliki standar tinggi dalam menyajikan hidangan kepada pelanggan mereka.

Kualitas hidangan berkaitan erat dengan kualitas bahan masakan itu sendiri. Sebagai seorang chef profesional, kamu harus dapat memilih bahan makanan yang benar-benar berkualitas baik dan segar. Dengan demikian, kamu bisa menjamin kualitas dan kesegaran masakan yang kamu sajikan.

2. Skill Memotong Bahan Makanan
Skill kedua yang harus dimiliki seorang chef profesional adalah memotong bahan masakan. Meski terdengar sederhana, sebenarnya memotong bahan-bahan makanan memiliki aturannya sendiri. Misalnya, aturan memotong bawang saja bisa berbeda sesuai dengan jenis makanan yang kamu masak.

Selain itu, kamu dituntut untuk mampu memotong bahan makanan secara cepat, rapi, dan presisi. Hal ini berkaitan erat dengan efektivitas waktu yang kamu miliki untuk memasak.

3. Penggunaan Pisau Wajib Buat Kamu Si Hobi Memasak
Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, seorang chef profesional juga dituntut untuk tahu benar mengenai jenis-jenis pisau dan kegunaannya masing-masing. Ketika kamu sudah menguasai skill ini, kamu akan bisa memotong setiap bahan secara lebih cepat dan tepat.

Kamu juga harus menjaga kualitas pisau-pisau yang kamu pakai. Pastikan pisau yang kamu pakai terjaga ketajaman dan kebersihannya. Jangan sampai kamu menyajikan buah, tapi malah beraroma bawang.

4. Tahu Cara Mengolah Setiap Bahan Makanan
Skill selanjutnya yang sangat penting adalah tahu cara mengolah setiap bahan masakan. Kemampuan mengolah bahan masakan dimulai dari mencuci bahan masakan, cara memotongnya, memarinasi, dan lain sebagainya sesuai dengan masakan yang kamu buat.

Kemampuan mengolah bahan makanan berkaitan erat dengan pemahaman terhadap masing-masing bahan masakan itu sendiri. Kamu dituntut untuk mengetahui metode yang tepat untuk digunakan untuk masing-masing bahan masakan sesuai dengan jenis masakan yang akan dibuat.

5. Pengetahuan Akan Resep Berbagai Masakan
Tentu saja seorang chef wajib memiliki pengetahuan yang baik terhadap resep berbagai makanan. Kamu dituntut untuk menguasai jenis-jenis masakan, mulai dari hidangan Indonesia, western, hingga masakan dari berbagai negara lain tergantung pada restoran tempat kamu bekerja.

Beberapa restoran juga memiliki signature dish masing-masing. Jadi besar kemungkinannya nanti kamu dituntut untuk mengembangkan resep dan menciptakan menu-menu baru.

6. Manajemen Waktu Juga Harus Diasah Untukmu Si Hobi Memasak
Berbeda dengan memasak di rumah yang bisa kamu lakukan dengan santai, saat bekerja di restoran kamu dituntut untuk cepat dan tepat. Terdapat batas waktu yang kamu miliki untuk menyiapkan masing-masing masakan. Hal ini dikarenakan restoran dan hotel berbintang memiliki standar pelayanan. Salah satunya adalah dengan tidak membiarkan pelanggan menunggu terlalu lama.

Kemampuan manajemen waktu akan makin dibutuhkan di saat jam-jam sibuk. Semakin banyak pelanggan maka kamu harus bisa bekerja secara lebih cepat dan efektif. Tentu saja dengan tidak mengabaikan kualitas makanan yang kamu buat.

7. Menjaga Kebersihan dan Kerapian Dapur
Satu lagi skill yang harus dimiliki oleh seorang chef profesional adalah kemampuan untuk menjaga kebersihan dan kerapian dapur tempat bekerja. Kebersihan dapur menjamin kebersihan masakan yang dihasilkan.

Selain itu, kerapian dapur juga akan membantumu untuk bekerja secara lebih cepat dan efektif. Kalau semua alat tertata pada tempatnya, kamu pun bisa menemukan alat yang dibutuhkan dengan mudah.

Itu tadi 7 skill yang wajib kamu kuasai kalau kamu bercita-cita untuk menjadi seorang chef profesional. Kalau saat ini kamu hobi memasak dan masih berstatus sebagai chef rumahan, kamu bisa mempelajari skill-skill di atas untuk meningkatkan kemampuanmu sehingga cita-cita menjadi chef profesional bisa terwujud.

Ingin tahu lebih banyak tentang dunia kuliner dan ingin berkarier sebagai chef profesional? Menempuh pendidikan tinggi di bidang pariwisata merupakan salah satu pilihan tepat yang dapat membentukmu menjadi SDM yang unggul dan kompeten. Kamu bisa bergabung dengan keluarga besar Batam Tourism Polytechnic (BTP). Kunjungi situs BTP http://www.btp.ac.id untuk informasi tentang pendaftaran, pendidikan politeknik pariwisata dan #FutureTourismStartsHere.

Editor: Yudha