Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

RSUD Embung Fatimah Mulai Gunakan Empat Unit Mesin PCR Baru
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 04-08-2021 | 15:04 WIB
A-RSUD_embung_fatimah_(1).jpg Honda-Batam
RSUD Embung Fatimah Batam. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Rumah Sakit Umum Daerah Embung Fatimah (RSUD-EF) Batam di Batuaji mulai menggunakan empat unit mesin PCR terbaru. Masing-masing unit mesin ini mampu memeriksa 12 sampel Covid-19 dalam sekali jalan dengan waktu pemeriksaan satu setengah hingga dua jam.

Keempat mesin ini hanya untuk menentukan hasil dari sampel positif atau negatif. Demikian ungkap Wakil Direktur (Wadir) Pelayanan Medik RSUD EF, Sri Rupiati, Rabu (4/8/2021).

"Mesin sebelumnya pemeriksaan sampel sampai ke nilai CT scan sementara empat mesin baru hanya untuk mengetahui positif atau negatif dari sampel yang diperiksa," ujar Sri.

Empat mesin terbaru ini sudah melalui serangkaian penyetelan dan uji coba sehingga saat ini dapat dipergunakan sebagai mana mestinya.

"Sudah kita uji coba, tidak ada kendala. Sekarang sudah digunakan demi kelancaran proses pemeriksaan sampel yang masuk ke RSUD," jelas Sri.

Sejauh ini, untuk sampel yang masuk dan diperiksa diangka 100 sampel perhari. Pasalnya setelah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat PPKM darurat hingga masuk level 4 ada penurunan jumlah pasien Covid-19.

"Pasien Covid-19 mulai berkurang dan saat ini pasien tersisa 55 orang lagi," pungkasnya.

Editor: Dardani