Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Program 'Gerbang Kampung' di Bintan Dilaksanakan Mulai Akhir Tahun
Oleh : Harjo
Senin | 02-08-2021 | 10:44 WIB
apri-sujadi18.jpg Honda-Batam
Bupati Bintan Apri Sujadi. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Bupati Bintan, Apri Sujadi menegaskan bahwa Program 'Gerbang Kampung' yang diusungnya dalam Pilkada Bintan Tahun 2020 lalu, akan dijalankan pada akhir tahun 2021.

Menurutnya dengan program ini, diharapkan menjadi bagian dan harapan masyarakat dalam pemulihan ekonomi yang telah mengalami resesi akibat pandemi virus Covid 19.

"Targetnya akhir tahun 2021, melalui anggaran APBD-P, program Gerbang Kampung ini bisa dijalankan, ini sekaligus diharapkan mampu menjadi stimulus bagi pemulihan ekonomi," ujarnya.

Namun menurutnya, dikarenakan kondisi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bintan yang menurun tajam imbas dari pandemi Covid 19, yang semula alokasi untuk setiap kampung targetnya sebesar Rp 100 juta, maka nanti akan disesuaikan menjadi sekitar Rp 30 juta hingga Rp 50 juta setiap kampungnya.

"Hal yang terpenting program ini bisa berjalan terlebih dahulu dan bisa menjadi solusi menyelesaikan permasalahan di setiap kampung, bisa memperkerjakan masyarakat, bisa membayar upah pekerja, sehingga nanti uangnya dapat dinikmati masyarakat kampung," ujarnya saat mengunjungi Posko PPKM Desa Penaga, Jum'at (30/7/2021) lalu.

Dikatakannya juga bahwa dalam waktu dekat sebelum alokasi tersebut digulirkan ke setiap kampung, maka akan ada pelatihan dalam rangka pengelolaan Program Gerbang Kampung tersebut sehingga program ini bisa berjalan maksimal.

"Akan digelar pelatihan dalam waktu dekat. Nanti akan ada petugas dari pemerintahan yang akan turun disetiap kampung, guna memberikan pelatihan terkait tekhnis dalam menjalankan anggaran tersebut sebelum dicairkan," pungkasnya.

Editor: Yudha