Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Webinar Pariwisata SIJORI, Momentum Kebangkitan Pariwisata Singapura-Johor-Indonesia
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 24-07-2021 | 10:48 WIB
webinar-pariwisata-sijori1.jpg Honda-Batam
Webinar Pariwisata Singapura-Johor-Kepri (Batam-Bintan). (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Singapura Johor Baru Indonesia Batam - Bintan gelar webinar 'Discover Tourism Update from this Cross border' pada Kamis (22/7/2021).

Dari 100 kuota peserta webinar yang telah disiapkan, semuanya terisi. Hal ini menunjukkan betapa antusiasnya peserta dari Singapura, Malaysia dan Batam, Bintan untuk mengetahui perkembangan pariwisata di SIJORI.

Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Buralimar dalam sambutannya mengatakan nama Sijori sendiri sudah ada sejak zaman Presiden Soeharto, Perdana Menteri Lee Kwan You dan Perdana Menteri Mahathir Mohammad yang berarti Sijori pada waktu itu adalah Singapura-Johor-Riau.

Waktu terus berjalan di Provinsi Riau, terjadi pemekaran menjadi 2 provinsi yaitu Provinsi Riau yang beribukota Pekan Baru dan Kepulauan Riau dengan Tanjung Pinang sebagai ibukotanya.

"Dalam webinar ini kami memodifikasi Sijori menjadi Singapore-Johor-Indonesia (Batam-Bintan, Kepulauan Riau). Webinar Sijori Tourism Talk ini berbagi informasi terupdate terkait pariwisata atau travel, bertukar informasi dari masing-masing negara tentang persiapan masa depan penerapan New Normal dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pariwisata," ujar Buralimar.

Buralimar juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pembicara, Fusion Adventure selaku penyelenggara acara dan kepada para peserta webinar dari Indonesia, Singapura dan Malaysia.

Dalam kegiatan ini hadir berbagai narasumber mulai dari Kepala Pemgembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Sri Astuti, Sulaiman Shehdek visit Indonesia Tourism Officer VITO Singapore, Kelvin Ong Visit Indonesia Tourism Officer VITO Malaysia, Abdul Wahab Group Manajer Umum, PT. Bintan Resorts Cakrawala, Andy Fong Ketua Nongsa Sensasi Manajer Umum, Batam View Resort.

Masing-masing narasumber memaparkan situasi Kepulauan Riau, Bintan - Lagoi dan Nongsa Batam dalam hal pengajuan sertifikasi CSHE atau Clean safety, Health and Environment, Aktivitas Vaksin di Kepulauan Riau, Produk Wisata Baru, Events, hingga gelembung perjalanan.

Sedangkan dua pembicara berikutnya dari VITO Singapura dan Malaysia mempresentasikan situasi keseluruhan tentang pariwisata di Singapura/ Malaysia. Inisiatif baru pemerintah Malaysia/Singapura terkait pariwisata terkait covid.

Situasi Covid-19 di Kepulauan Riau masih menjadi provinsi yang menjanjikan bagi investor terbukti dengan terus berkembangnya sektor pariwisata meski dalam situasi covid 19 seperti Mall, Hotel, Resort dan Apartemen berskala internasional dan destinasi wisata baru. Perang melawan ditunjukkan dengan tercapainya vaksinasi di setiap negara, Pencapaian vaksinasi di Kepri sudah mencapai 63,41% per 19 Juli 2021 dari 70% dari target yang ingin dicapai.

Kementerian Pariwisata RI mengundang industri pariwisata untuk memperpanjang sertifikasi CHSE bagi yang tahun lalu tersertifikasi dan mengundang yang belum mendapatkan sertifikasi CSHE. Provinsi Kepri menargetkan 245 industri. 39 hotel, 206 bisnis lainnya.

Untuk penerapan travel bubble di Indonesia, kawasan yang paling siap adalah Bintan Resorts, disusul di kawasan Nongsa, Batam. Bintan Resorts juga menjadi contoh penerapan travel bubble di Indonesia.

Join Marketing Promotion SIJORI menjadi momentum dan semangat kebangkitan pariwisata di Singapura, Johor, Indonesia-Kepri. SIJORI selanjutnya akan menjadi wadah bagi semangat lahirnya kembali SIJORI (Singapore Johor Indonesia - Kepulauan Riau).

Editor: Yudha