Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

TNI Terjunkan 30 Ribu Petugas Tracing dan Vaksinasi Covid-19
Oleh : Redaksi
Selasa | 13-07-2021 | 12:04 WIB
lanal-tarempa111.jpg Honda-Batam
Serbuan vaksinasi Lanal Tarempa, Anambas. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyiapkan puluhan ribu orang untuk melakukan penelusuran kontak (tracing) pasien Covid-19.

TNI juga menyiapkan ribuan orang petugas untuk melakukan vaksinasi Covid-19.

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Prantara Santosa mengatakan pihaknya menyiapkan sekitar 30 ribu orang penelusur kontak. Petugas-petugas itu merupakan anggota TNI yang telah dilatih untuk melakukan tracing.

"Untuk penguatan tracing, Puskes TNI di wilayah Jawa-Bali menyiapkan 30 ribu lebih tenaga tracer yang terdiri dari para Babinsa, Babinpotmar, dan Babinpotdirga," kata Prantara dalam keterangan tertulis, Senin (12/7/2021).

TNI juga mengerahkan anggota untuk membantu tes Covid-19 di fasilitas kesehatan. Selain itu, TNI menyiapkan 109 rumah sakit untuk merawat pasien Covid-19.

Prantara menyampaikan pihaknya juga merekrut ribuan relawan untuk mendukung program vaksinasi. Relawan-relawan itu akan diminta membantu upaya vaksinasi 70 persen warga DKI Jakarta hingga Agustus.

"Upaya TNI lainnya guna menunjang percepatan vaksinasi adalah melalui perekrutan 3.000 relawan tenaga medis dan nonmedis dari berbagai lapisan masyarakat," ucapnya.

Prantara berkata TNI berkomitmen menyukseskan penanganan pandemi Covid-19. Ia mengajak seluruh elemen bangsa untuk turut serta menyukseskan upaya ini. "Marilah kita bersatu melawan Covid-19. Semoga langkah dan pengabdian kita senantiasa mendapat rida dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa," ujarnya.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha