Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kadinkes Batam Pastikan Oksigen di Rumah Sakit Masih Tersedia
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 06-07-2021 | 14:16 WIB
rsud-embung-fatimah-batam1.jpg Honda-Batam
RSUD Embung Fatimah Batam, salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 di Batam. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Meski sejumlah daerah di Indonesia mengalami kehabisan oksigen, tapi tidak demikian halnya dengan di Kota Batam. Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kurmarjadi, memastikan pasokan oksigen di rumah sakit di Batam masih tersedia.

"Pasokan oksigen hingga saat ini tidak menjadi kendala. Pasokan oksigen rumah sakit di Batam dibeli dari pihak ketiga yang juga merupakan perusahan di bidang medis," tegas Didi Kurmarjadi, Selasa (6/7/2021).

"Perusahaan produsen gas medis dan industri ada beberapa di Batam. Kita kerja sama, bahkan ada juga rumah sakit yang produksi sendiri," tambahnya.

Sayangnya, Didi belum merinci perusahan mana saja yang kerja sama hingga jumlah kebutuhan untuk medis di setiap rumah sakit.

Rumah Sakit Umum Daerah Embung Fatimah (RSUD-EF) Kecamatan Batuaji, Kota Batam, ketersediaan oksigen terpantau masih aman.

"Untuk pasokan oksigen tidak ada kendala sampai sekarang, aman," kata Direktur RSUD EF, Any Dewiyana, terpisah.

Dia menyebut, sejauh ini pasokan stok oksigen berasal dari luar (pihak ketiga) dan juga diproduksi oleh rumah sakit itu sendiri. Namun ia tak merinci asal oksigen yang disebutnya datang dari luar dan proses produksi oksigen.

"Alhamdulillah masih cukup," jawab Any singkatnya.

Editor: Dardani