Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Banyak Anak, Kurangi Resiko Wanita Terserang Stroke
Oleh : Redaksi/telegraph/Mg
Senin | 25-06-2012 | 11:06 WIB
Banyak_Anak.jpg Honda-Batam

Keluarga besar, foto:ilustrasi

CALIFORNIA, batamtoday - Kabar baik bagi Anda yang memiliki empat anak atau lebih. Alasannya adalah karena seorang wanita yang memiliki banyak anak, kecil kemungkinan meninggal akibat stroke. Meskipun memiliki banyak anak identik dengan tingginya stres, tapi nyatanya hasil penelitian menyebutkan ada dampak positifnya terhadap kesehatan wanita.

Tim ilmuwan dari University of California meneliti sekitar 1.300 wanita di California. Diketahui bahwa wanita yang memiliki empat anak atau lebih memiliki penurunan risiko meninggal akibat stroke hingga 50%.

Para peneliti memperkirakan, tingginya sirkulasi hormon selama kehamilan, memiliki dampak yang sangat positif bagi pembuluh darah. Keluarga dengan banyak anak cenderung saling mendukung dan dekat satu sama lain, yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

“Wanita dalam penelitian ini memiliki risiko lebih rendah dari kematian akibat penyakit kardiovaskular jika mereka hamil empat kali atau lebih,” kata Marni Jacoobs, salah satu peneliti, seperti dikutip oleh Telegraph.co.uk, Senin(25/6/2012).

Menurut Jacoobs, mekanisme penyebab secara rinci belum jelas diketahui. Namun, bisa jadi itu menunjukkan bahwa wanita yang subur memiliki tubuh yang sehat. Selain itu, hamil memiliki efek positif dari paparan sirkulasi estrogen dan hormon lainnya.

“Perubahan fisiologis wanita karena kehamilan bisa menyebabkan efek yang berdampak pada kesehatan. Namun, berkaitan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular yang signifikan perlu penelitian lebih lanjut,” kata Profesor Donald Peebles, juru bicara Royal College of Obstetricians and Gynaecologists.