Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Musim Pancaroba, Waspada ISPA dan DBD
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Sabtu | 23-06-2012 | 12:29 WIB

BATAM, batamtoday - Cuaca tak menentu atau musim pancaroba di Batam saat ini, rentan dengan penyakit, terutama Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA) dan Demam Berdarah Dengue (DBD). Untuk itu masyarakat dihimbau agar lebih menjaga lingkungan masing-masing.

Chandra Rizal, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam menjelaskan, musim pancaroba identik seperti saat ini masyarakat banyak mengalami sakit flu serta batuk. Hal itu karena perilaku sehari-hari yang kurang memperhatikan kesehatan.

"Musim pancaroba Dominan ISPA. Penyebab karena perilaku kurang sehat. Bisa karena lingkungan atau asap rokok. Untuk jumlahnya saat ini saya kurang tahu," kata Chandra.

Selain ISPA, juga lebih berhati-hati dengan demam berdarah. Apabila terjadi perubahan cuaca bisa meningkat penderitanya. DBD bisa dicegah dengan menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

"Bagaimanapun filosofinya, pencegahan lebih baik dari pada mengobati," ujar dokter gigi tersebut kepada wartawan. 

Cara pencegahan DBD dengan melakukan 3M plus yakni menguras, menutup, dan mengubur barang-barang yang bisa digenangi oleh air tempat bertelurnya nyamuk demam berdarah. Selain itu mencegah gigitan nyamuk menggunakan obat nyamuk oles dan tidak membiasakan menggantung pakaian di dalam kamar. 

"Dengan menjaga pola hidup sehat dan lingkungan sehat bisa terhindar dari penyakit," ungkapnya.

Apabila terserang penyakit ISPA atau DBD dapat langsung datang ke tempat-tempat pelayanan kesehatan yang sudah tersebar diseluruh sudut kota Batam. Karena saat ini sarana kesehatan sudah sangat mumpuni. Di Batam terdapat 51 Puskesmas Pembantu, 15 puskesmas dan 14 Rumah Sakit negeri maupun swasta. 

"Akses pelayanan kesehatan di Batam cukup dekat dengan masyarakat. Kalau sakit bisa langsung datang kesana," kata Chandra.