Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Total Kasus 196 Orang

Kasus Positif Covid-19 di Anambas Bertambah 6 Orang
Oleh : Alfredy Silalahi
Sabtu | 01-05-2021 | 09:50 WIB
sahtiar-anambas-new1114.jpg Honda-Batam
Ketua Pelaksana Harian Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Anambas, Sahtiar. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pasien covid-19 di Anambas bertambah 6 orang, dengan nomor kasus 191 - 196.

Ketua Pelaksana Harian Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Anambas, Sahtiar mengakui, pasien yang terkonfirmasi positif, Jumat (30/4/2021) merupakan hasil rujukan rapid test.

"Penambahan 6 Warga Kabupaten Kepulauan Anambas yang Terkonfirmasi Covid-19, dengan nomor kasus 191-196, merupakan hasil temuan kasus baru, sebagaimana hasil pemeriksaan swab dengan metode RT PCR yang dilakukan di Laboratorium RSUD Tarempa," kata Sahtiar.

Sahtiar menguraikan Tim Satgas melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas terus melaksanakan tracing (penelusuran kasus) pada orang-orang yang kontak erat dengan pasien serta tempat beraktivitas lainnya dan bila memenuhi kriteria kontak erat maka dilanjutkan dengan pengambilan swab hidung dan tenggorokan untuk dilakukan pemeriksaan dengan metode RT PCR di RSUD Tarempa.

"Untuk hasil tracing (penelusuran kasus) akan disampaikan setelah hasil swab keluar. Kami menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan pada masa adaptasi kebiasaan baru pada masa pandemi Covid-19 ini. Protokol kesehatan ini harus selalu dilakukan pada saat berinteraksi dengan keluarga yang tinggal satu rumah, keluarga tidak satu rumah ataupun di tempat kerja, sehingga klaster keluarga dan klaster tempat kerja bisa kita cegah bersama-sama," tegasnya.

Jumlah pasien covid-19 di Kabupaten Kepulauan Anambas sampai hari ini sebanyak 196 kasus dengan rincian sebagai berikut, sembuh 112 orang, meninggal 2 orang, menjalani karantina sebanyak 82 orang.

Editor: Yudha