Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

UMKM Jadi Kekuatan Besar Pertumbuhan Ekonomi

Hari HAKI Sedunia, Kemenkumham Ajak Masyarakat Terus Hidupkan Ekosistem Ekonomi Kreatif
Oleh : Hadli
Senin | 26-04-2021 | 17:12 WIB
andap_sekjen-kemenkumham-02.jpg Honda-Batam
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham RI, Komjen Andal Budi Revianto. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memperingati Hari Kekayaan Intelektual (HAKI) Sedunia atau World Intellectual Property Day yang jatuh pada setiap 26 April.

Direktur Jendral (Dirjen) DJKI Kemenkumham, Freddy Harris mengatakan, sebanyak 4,4 juta UMKM yang ada saat ini telah menjadi kekuatan besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Pada kondisi pandemi UMKM justru berperan menjadi penjaga perekonomian nasional dari segi perlindungan kekayaan intelektual, permohonan baik mrek, hak cipta, paten dan desain. Pada tahun 2020 berjumlah 40.109, jumlah ini meningkat pesat dari tahun 2019 hanya 2.530 permohonan," jelasnya, Senin (26/04/2021).

Data ini, kata Harris, mengindikasikan pada masa pandemi justru banyak muncul usaha-usaha baru dan produk-produk dan karya-karya baru. Keberpihakan pemerintah pada UMKM agar bisa naik kelas di antaranya terbentuknya regulasi pada UU Cipta Kerja yang memberikan kemudahan pada UMKM dengan tarif PNBP khusus yang lebih murah dibanding non UMKM.

"Belum lama ini juga pemerintah mengeluarkan PP nomor 56 tahun 2021 yang jelas berpihak pada para kreator intelektual khusnya lagu, di mana pemerintah ingin para kreator lagu merasakan betul manfaat ekonomi atas karya-karya lagu yang mereka hasilkan," ungkapnya.

Pemerintah, katanya, ingin seluruh masyarakat Indonesia memahami pentingnya melindungi kekayaan intelektual aset yang nilainya akan terus bertambah seiring waktu. "PDJKI mengajak seluruh masyarakat Indonesia bersama sama pemerintah terus menghidupkan menjaga ekosistim ekonomi kteatif. Sehingga produk lokal bisa bersaing," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham RI, Komjen Andal Budi Revianto, mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT karena telah memberikan karunia dan kekuatan untuk Indonesia di tengah pandemi Covid-19 ini.

Andap menambahkan, dalam rangka memperingati Hari Kekayaan Intelektual Sedunia, Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Kemenkum Ham RI mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga sekaligus meningkatkan UMKM dan ekosistem ekonomi kreatif.

"Hal ini untuk melindungi kekayaan intelektual karya anak bangsa dengan semangat kebersamaan Indonesia bersatu kita yakin dan percaya karya anak bangsa akan menguasai pasar lokal dan pasar dunia. Selamat 26 April 2021," tuturnya.

Editor: Gokli