Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Spanyol 4-0 Republik Irlandia

Hadapi Republik Irlandia, Spanyol Pesta Gol
Oleh : Redaksi/Mg
Jum'at | 15-06-2012 | 10:04 WIB
Spanyol_vs_Irlandia.jpg Honda-Batam

Fabregas saat selebrasi setelah berhasil membobol gawang Republik Irlandia. Foto: Skysport

GDANKS, batamtoday - Timnas Spanyol memburu poin penuh pada pertandingan kedua melawan Republik Irlandia yang dilansungkan di Stadion PGE Arena, Gdanks, Jum'at(15/6/2012) dini hari WIB. Apalagi pada pertandingan pertama sebelumnya, tim yang di arsiteki pelatih Vicente Del Bosque itu harus puas ditahan imbang Italia. 

Dengan target meraih poin penuh, skuad Matador lansung mengobrak-abrik pertahanan Republik Iralndia saat peluit babak pertama mulai dibunyikan. Trio David Silva, Andreas Iniesta dan Xavi Hernandes menjadi tumpuan serangan Spanyol. Sedangkan di lini depan, striker Fernando Torres dipercaya menjadi eksekutor. Hasilnya, pertandingan baru berjalan 4 menit, Torres mampu membuat Spanyol unggul 1-0. 

Dengan keunggulan ini, Spanyol makin bernafsu membuat gol. Permainan tiki taka Spanyol mengurung pertahanan Irlandia. Sepakan-sepakan terarah pemain Spanyol dari luar kotak penalti harus memaksa Given untuk jatuh bangun menyelamatkan gawangnya. Andai saja pada menit ke-23, Andres Iniesta yang berdiri bebas mampu melakukan tendangan dari kotak penalti. Namun kesigapan Given mampu mematahkan tendangan pemain Barcelona itu.

Sementara Irlandia yang tertekan tak mampu berbuat banyak. Serangan balik Robbie Keane dkk kerap dipatakan dengan mudah oleh barisan pertahanan Spanyol. Menjelang turun minum, Andres Iniesta kembali mengancam gawang Given dan nyaris menambah keunggulan Spanyol. Sekali lagi kiper Aston Villa itu berhasil menjaga gawangnya dengan baik. Skor 1-0 untuk keunggulan Spanyol bertahan hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, kembali tim Spanyol menunjukkan kualitasnya sebagai juara bertahan. Lagi-lagi, angka 4 menjadi momok bagi Irlandia. Gol cepat tercipta pada menit ke-4 babak kedua. Kali ini giliran David Silva yang membobol gawang Given. Berada di kotak penalti lawan seorang diri, ia mampu membuat bek Irlandia panik dan melepaskan tendangan terarah ke kanan bawah gawang Irlandia. Given yang berusaha menjangkau bola tak mampu membendung tendangan Silva. 2-0 Spanyol unggul. 

Menit ke-56 Given melakukan penyelamatan gemilang. Tendangan terarah Xavi Hernandez dari dalam kotak penalti mampu dimentahkan Given sambil terbang. Serangan Spanyol tetap tak mengendur. Mereka mengurung pertahanan Republik Irlandia, hingga bola hanya mengalir setengah lapangan. 

Pada menit ke-70, Torres yang terkawal berhasil menggiring bola ke kotak penalti Irlandia. Berhadapan satu lawan satu dengan Given dengan mudah Torres menceploskan bola untuk kedua kalinya ke dalam gawang Irlandia. 3-0 Spanyol memimpin. 

Tertinggal tiga gol membuat Republik Irlandia tersentak. Mereka mencoba bangkit. Pada menit ke-75 Robbie Keane membahayakan gawang Spanyol yang dikawal Iker Casillas. Sayang, tendangan kerasnya mampu diantisipasi dengan baik oleh kiper Real Madrid itu.

Melihat timnya mulai tertekan, pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque membuat strategi berbeda. Ia memasukan Cesc Fabregas di menit ke-72 menggantikan Torres sebagai striker. Ternyata strategi itu membuahkan hasil. Sebelas menit berada di lapangan, Fabregas berhasil membobol gawang Given. Lewat sepakan keras dari dalam kotak penalti, ia memaksa Given memungut bola dari dalam gawangya untuk keempat kali. Skor 4-0 untuk kemenangan Spanyol.

Gol bintang Barcelona itu menjadi penutup pertandingan. Skor 4-0 menjadikan Spanyol berada di puncak klasemen dengan torehan poin 4. Disusul Kroasia juga dengan poin 4, namun jumlah perbendaharaan gol masih di bawah tim Matador. Sementara di posisi ketiga  diduduki Italia yang mengemas 2 poin. Sedangkan bagi Irlandia, kekalahan ini menutup peluang mereka untuk lolos ke babak perempat final. Dua pertandingan, dua kali tim besutan Trapattoni itu harus tumbang. Dengan menyisakan satu pertandingan, maka peluang Republik Irlandia sudah tertutup. 

Susunan pemain

Spanyol: Casillas(GK) (C), Piqué, Sergio Ramos, Arbeloa, Jordi Alba, Iniesta (79' Cazorla), Xavi Hernández, Xabi Alonso (64' Javi Martinez), Busquets, Silva, Torres (83' Fabregas).

Irlandia: Given(GK), St Ledger, Ward, O'Shea, Dunne, Whelan (80' Green), McGeady, Andrews, Duff (76' McClean), Keane(C), Cox (46' Walters).