Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jaring Pelaku UMKM di Daerah, YES Preneur Launching Progam 'Ngopi YES' di Yogyakarta
Oleh : Irawan
Minggu | 04-04-2021 | 20:04 WIB
Ngpi_pintar_YES1b.jpg Honda-Batam
Ngopi YES (Ngobrol Pintar Yakin Entrepeneur Sukses) tentang UMKM di Rembug Kopi, Umbulharjo, Yogyakarta (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - YES Preneur, wadah pelaku UMKM di bawah naungan Partai Gelora Indonesia, secara masif terus melakukan berbagai upaya pendampingan kepada masyarakat agar tetap produktif di masa pandemi Covid-19.

Upaya pendampingan tersebut dilakukan melalui pertemuan-pertemuan rutin, yang tidak hanya digelar di Jakarta dan sekitarnya saja, tetapi juga digelar di berbagai daerah di Indonesia.

Di antaranya dengan menggelar acara 'Ngopi YES' (Ngobrol Pintar Yakin Entrepeneur Sukses) tentang UMKM di Rembug Kopi, Umbulharjo, Yogyakarta, pada Jumat (2/4/2021) lalu.

Ngopi YES ini diselenggarakan Bidang UMKM dan Ekonomi Keluarga (Ekkel) DPN Partai Gelora Indonesia bekerjasama dengan YES Preneur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Program Ngopi YES ini untuk pertama kalinya digelar di Yogyakarta dan sekaligus menjadi tempat di-launching-nya program tersebut.

"Program YES diantaranya memberikan pelatihan pendampingan untuk pegiat UMKM. Kegiatan ini bakal rutin digelar termasuk pembukaan akses pemasarannya," kata Srie Wulandari (Coach Wulan), Ketua Bidang UMKM dan Ekkel DPN Partai Gelora Indonesia dalam keterangannya, Minggu (4/4/2021).

Menurut Wulan, saat ini pasar-lah yang dibutuhkan pelaku UMKM untuk memasarkan produknya, baik pasar domestik maupun internasional.

Partai Gelora, lanjutnya, akan membuka peluang kerjasama dengan berbagai pihak baik itu instansi pemerintah, swasta maupun asing untuk pemasaran produk UMKM YES Preneur ini.

"YES Preneur akan membuka peluang dan kerjasama dengan berbagai pihak, agar bisa membuka akses pemasaran, baik dalam maupun luar negeri," kata Coach Wulan.

Sedangkan Ketua DPW Partai Gelora DIY, Zuhrif Hudaya mengatakan, UMKM di DIY memiliki potensi besar untuk dikembangkan guna meningkatkan kesejahtaran masyarakat.

"Potensi UMKM cukup besar dan DPW DIY memiliki program berbasis desa. Dan saya rasa YES Preneur DIY bisa 'nggatuk' dengan kita (DPW Partai Gelora DIY) , berjalan seiring program nasional," kata Zuhrif.

Sementara Baha Sugara, Person Incharge (PIC) untuk YES Preneur DIY menambahkan, YES Preneur DIY memiliki anggota dari beragam kalangan, mulai dari UMKM hingga pelaku industri kreatif.

"Selama empat bulan terakhir, kami sudah mempunyai anggota yang tersebar dimana-mana sehingga aktif dalam pemberdayaan. YES Preneur mempunyai program yang membedakan dari wadah yang lain, sehingga mudah diterima," pungkas Baha Sugara

Editor: Surya