Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kepala Desa dan BUMDes se-Kabupaten Karimun

Bank Riau Kepri Sosialisasi Akses Layanan Keuangan Desa di Karimun
Oleh : Freddy
Minggu | 28-03-2021 | 15:33 WIB
bank_riau_kepri.jpg Honda-Batam
Foto bersama usai acara Sosialisasi Akses Layanan Keuangan Desa yang diselenggarakan Bank Riau Kepri (Foto: Freddy(

BATAMTODAY.COM, Karimun - Bank Riau Kepri menggandeng Kepala Desa untuk membuka akses layanan keuangan desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) guna mendorong pertumbuhan ekonomi daerah mulai dari tingkat pedesaan.

Dirut Bank Riau Kepri, Andi Buchori dalam sambutannya menyampaikan Bank Bank Riau Kepri cabang Karimun pada akhir tahun 2020 mendapat peringkat pertama layanan terbesar dan ini berkat dukungan semua pihak termasuk Bupati dan wakil Bupati Karimun dan kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Disampaikan Andi Buchori, dalam upaya peningkatan pertumbuhan perekonomian suatu daerah dan dukungan teknologi dan pada saat ini kita sedang melakukan kerjasama dengan universitas, sekolah, berbagai perusahaan yang semuanya dimaksudkan sebagai bersama-sama bersinergi dalam upaya pengembangan daerah dan pengembangan ekonomi masyarakat termasuk pengembangan usaha di Desa.

"Salah satu terobosan upaya yang dilakukan Bank Riau Kepri yakni dengan terobosan melalui BUMDes dengan menyediakan kebijakan layanan tanpa kantor atau LAKU PANDAI," ujar Andi Buchori saat melakukan Sosialisasi Akses Layanan Keuangan Desa yang diselenggarakan Bank Riau Kepri, Minggu (28/3/2021) di Gedung Nasional Tanjungbalai Karimun.

Ia menjelaskan, melalui sinergi atau kerjasama Bank Riau Kepri dengan BUMDes dapat membantu mempermudah masyarakat yang selama ini kesulitan akses keuangan tentunya melalui sinergi ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat di desa dalam akses layanan keuangan .

Ungkap Andi Buchori, sementara ini di Kabupaten Karimun ini sudah ada 4 BUMDes yang dijadikan sebagai pilot project yakni BUMDes Bahari Desa Keban ,BUMDes Hebat Desa Prayun, BUMDes Bunga Tanjung Desa Pangke dan BUMDes Bintang Permai Desa Nyiur Permai.

Andi Buchori berharap kedepannya semua BUMDes yang ada di kabupaten Karimun bisa menjalin kerjasama dengan Bank Riau Kepri dalam Layanan keuangan Desa tanpa memerlukan kantor.

Pada kesempatan tersebut, Wan Abdul Rahman, Pimpinan Bank Riau Kepri Cabang Karimun mengatakan, Bank Riau Kepri akan turut membantu dalam percepatan layanan keuangan daerah dan juga menciptakan kampung kita bebas dari rentenir

Untuk tujuan ini Wan Abdul Rahman mengatakan Bank Riau Kepri sekarang ini mencoba menjalin kerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) melalui kepala desa.

"Sekarang ini sudah ada 4 BUMDes di Kabupaten Karimun yang kita jadikan sebagai pilot project yang nantinya akan menjadi agen dan sebagai usaha ekonomi simpan pinjam," katanya.

Menurut Wan Abdul Rahman, BUMDes ini nantinya akan bisa menyalurkan kredit dan tentunya Bank Riau Kepri akan memberikan pelatihan-pelatihan kepada BUMDes.

Wan Abdul Rahman menyampaikan 4 BUMDes yang dijadikan pilot project akan digodok dan dijalin kerjasama untuk totalitas menjadi bagian dan totalitas perekonomian dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Sementara Hurnaini Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Karimun dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini desa menjadi sasaran yang utama menjadi pemulihan ekonomi.

Menurut Hurnaini, peran perbankan sangat diharapkan dan kita bersyukur karena Bank Riau Kepri mau terjun langsung ke Desa dan bahkan telah menjadikan 4 BUMDes sebagai pilot project layanan keuangan di Desa.

Untuk itu, Hurnaini mengimbau agar kepala desa maupun BUMDes yang mengikuti acara sosialisasi layanan akses keuangan Desa yang dilaksanakan Bank Riau Kepri dapat diikuti dengan baik dan dapat diambil manfaatnya yang nantinya bisa bermanfaat bagi peningkatan perekonomian masyarakat di Desa.

Hurnaini menyampaikan atas nama pemerintah Kabupaten Karimun mengucapkan terima kasih atas diselenggarakan kegiatan ini dan semoga bank Riau Kepri bisa terus memberikan kontribusi bagi masyarakat.

"Sebagai salah satu mitra pemerintah daerah , kami minta kepala Desa dan BUMDes untuk dapat mengikuti kegiatan ini dan tangkaplah peluang yang ada sehingga kedepannya bisa menjadikan masyarakat di Desa lebih sejahtera, apalagi sekarang ini Desa menjadi tumpuan," pungkas Hurnaini.

Dalam sosialisasi ini, tampak hadir Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, kepala desa, BUMDes dan undangan lainnya.

Editor: Surya