Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua Warga Anambas Terpapar Covid-19 Usai Perjalanan Luar Daerah
Oleh : Alfredy Silalahi
Selasa | 19-01-2021 | 10:12 WIB
sahtiar-anambas-new121.jpg Honda-Batam
Sahtiar, Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Anambas. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dua warga Kepulauan Anambas terkonfirmasi positif covid-19 usai melakukan perjalanan luar daerah. Kedua pasien tersebut menjadi kasus perdana di tahun 2021, karena dalam 3 minggu terakhir Anambas sempat nihil kasus.

"Kedua pasien yaitu dengan nomor kasus 97 atas nama DR (27) dan nomor kasus 98 atas nama AM (37) dinyatakan positif covid-19 usai dilakukan swab menggunakan RT PCR. Kedua pasien tersebut memiliki gejala demam dan juga memiliki riwayat perjalanan luar daerah," kata Sahtiar, Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Anambas, Selasa (19/1/2021).

Sahtiar menambahkan bahwa kedua pasien sudah dirawat di RSUD Tarempa. Dan saat ini Tim Satgas tengah melakukan upaya penyebaran dengan melakukan metode tracing terhadap tempat aktivitas dan tempat tinggal pasien.

"Untuk DR kita tracing di tempat aktivitas yaitu Bank BRI Cabang Tarempa dan AM kita tracing ditempat aktivitas yaitu pada Dinas Kesehatan," jelasnya.

Sahtiar mengimbau dan mengajak masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan pada adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi covid-19.

"Adapun protokol kesehatan yang senantiasa diterapkan yaitu, menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan. Ini dilakukan saat berinteraksi dengan keluarga atau di tempat tinggal serta berinteraksi pada saat beraktivitas. Sehingga kita bisa mencegah klaster penyebaran covid yang baru," tegasnya.

Editor: Yudha