Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Setiap Tahun 100 Orang Meninggal Akibat HIV-AIDS di Kepri
Oleh : Agus/Dodo
Selasa | 05-06-2012 | 19:30 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Ketua Komisi Penangulangan HIV-AIDS (KPA) Provinsi Kepuluan Riau, Nasrun mengakui, hampir setiap tahunnya 100 orang warga Kepri meninggal akibat terkena penyakit HIV-AIDS.

Menurutnya dari hampir sekitar 35 ribu orang warga di Kepri, lebih cenderung sering melakukan hubungan seks bebas ketimbang, menghindari dari penyakit mematikan tersebut.

"Saya sangat prihatin dengan para warga zaman sekarang cendrung melakukan hubungan seks bebas tanpa dilengkapi alat kontrasepsi yang sudah tersedia," kata Nasrun, Selasa (5/6/2012).

Untuk itu, sebagai pihak yang bertanggung jawab mengatasi penyakit menular mematikan tersebut, Nasrun mengakui telah melakukan segala upaya untuk membagi-bagikan kondom secara gratis di sejumlah tempat hiburan malam dan kepada para Penjaja Seks Komersial.

"Dari data kita ada sekitar 6.000 orang yang pernah dan yang masih aktif menjadi PSK, di Provinsi Kepri ditahun 2011/2012 ini," terang Nasrun.

Sementara itu, untuk mengurangi tingkat atau jumlah penderita HIV-AIDS, Nasrun telah melakukan sejumlah upaya dengan mengadakan sosialisasi di tempat lokalisasi dan  mencari solusi mengobati para PSK yang sudah terjangkit penyakit kelamin tersebut agar tidak menularkannya lagi kepada orang lain.