Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ternyata Ngopi Bisa Kurangi Resiko Diabates
Oleh : Redaksi/Mg
Senin | 04-06-2012 | 10:59 WIB
minum_kopi_sehat.jpg Honda-Batam

Ilustrasi: Minum kopi

SINGAPURA, batamtoday - Anggapan bahwa meminum kopi bisa mendatangkan banyak masalah kesehatan dibantah oleh Profesor dari Universitas Havard, Rob Van Damn. 

Menurutnya, Kopi adalah minuman yang memiliki ribuan manfaat bagi tubuh. Bahkan minuman ini diketahui dapat menurunkan resiko terkena diabetes militus.

Dikutip batamtoday dari American Journal of Clinical Nutrition, Senin(4/6/2012), berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Institute of Human Nutrition Potsdam Rehbruecke, mereka yang rajin meminum kopi memiliki resiko paling rendah terserang diabetes militus, Kanker dan Jantung.

"Bukti keseluruhan pada kopi dan kesehatan menunjukkan, tidak ada alasan medis khusus untuk mengurangi konsumsi kopi gara-gara penyakit tertentu,” ujar Profesor Rob Van Damn yang memimpin penelitian tersebut. 

Penelitian tersebut melibatkan 42 ribu orang dewasa yang didiagnosa tidak mengalami penyakit serius. Para ahli melakukan kroscek setiap dua hingga tiga tahun, berturut-turut dalam kurun sembilan tahun. 

Mereka yang mengaku meminim empat gelas kopi dalam sehari, hanya 3,2 persen yang mengalami penyakit Diabetes tipe2. Hal ini diprediksi karena ada kandungan kimia dalam minuman kopi yang memiliki efek positif pada metabolisme tubuh. 

"Ada kandungan zat dalam minuman kopi yang sangat membantu pertahanan tubuh," kata Profesor Rob Van Damn.