Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

10 Jenis Ikan Cupang Ini Cantik untuk Dipelihara di Rumah
Oleh : Redaksi
Rabu | 09-12-2020 | 12:20 WIB
ikan-cupang1.jpg Honda-Batam
Paradise Fish, macropodus opercularis, Aquarium Fishes Foto: Getty Images/iStockphoto/slowmotiongli

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ikan cupang menjadi jenis ikan unik karena tampilannya yang cantik tetapi suka berkelahi. Ikan cupang memang termasuk ikan yang agresif dan suka menyerang.

Jenis ikan cupang paling banyak diburu penggemarnya adalah jenis ikan cupang yang memiliki sirip indah. Ketika berenang, sirip ini terlihat tenang dan terkesan berwibawa. Ikan cupang juga tergolong sebagai ikan hias yang relatif mudah untuk dipelihara.

Tertarik membeli ikan cupang? Yuk, lihat dulu jenis-jenis ikan cupang yang cantik.

1. Ikan Cupang Halfmoon
Ikan cupang ini disebut juga sebagai separuh bulan. Menurut sejarahnya, ikan cupang ini ditemukan oleh peternak asal Amerika Serikat pada tahun 1982. Nama Halfmoon dikenal di Indonesia pada tahun 2000.

Halfmoon memiliki bukaan ekor lebar mendekati 180 derajat dan berwarna hijau. Harga ikan cupang halfmoon juara sekitar Rp 500 ribu per ekor. Sedangkan harga anakannya sekitar Rp 40 ribu.

2. Ikan Cupang (Double Tail)
Ikan cupang Double Tail ini memiliki ekor ganda yang membelah di bagian tengah sirip ekor (caudal). Hal ini dikarenakan adanya mutasi genetik sehingga ikan ini memiliki sirip ekor atau dua cuping sirip ekor yang berbeda. Sehingga dinamakan ikan cupang ekor cagak karena tampak bercabang dua.

3. Ikan Cupang Crown Tail
Ikan cupang Crown Tail disebut juga dengan cupang Serit. Ini adalah jenis cupang pertama yang dibudidayakan di Indonesia.

Bentuk siripnya mirip seperti jarum yang membentuk serit atau sisir rambut.

Hingga kini Indonesia dikenal menjadi penghasil cupang serit terbaik di dunia. Dalam sejarahnya, ikan cupang serit dikembangbiakkan oleh Ahmad Yusuf, peternak asal Jakarta Timur pada tahun 1997. Ia menyilangkan indukan impor Thai berwarna biru yang memiliki ekor delta dan bergerigi.

4. Ikan Cupang Plakat
Ikan cupang plakat merupakan cupang ekor pendek yang berasal dari bahasa Thai. Plakat artinya cupang aduan atau cupang laga. Berbeda dengan cupang hias, cupang plakat lebih andal dalam melawan. Cupang plakat memiliki warna dan bentuk sirip yang keras.

5. Ikan Cupang Fancy
Ikan cupang yang satu ini memiliki warna kombinasi yang sangat indah. Ikan dengan perpaduan warna biru metalik, hijau, putih, pink atau merah punya bentuk sirip yang pendek.

Harga untuk anakan ikan cupang fancy sekitar Rp 200.000-300.000. Sedangkan ikan fancy juara dijual Rp 2 juta hingga Rp 10 juta.

6. Ikan Cupang Kachen Worachai
Ikan cupang Kachen Worachai ini berasal dari Thailand. Warnanya cantik dengan perpaduan biru, putih dan merah menyerupai bendera Thailand.

7. Ikan Cupang Big Ear
Ikan cupang big ear tergolong dalam jenis ikan cupang dengan harga mahal. Bentuk siripnya yang besar seperti telinga gajah membuat banyak orang sering berburu ikan jenis ini. Harga ikan cupang big ear berkisar sekitar Rp 400 ribu-an.

8. Ikan Cupang Sawah
Ikan cupang sawah menjadi salah satu jenis ikan cupang liar. Ikan cupang sawah jarang ditemukan sehingga harganya tergolong mahal. Semakin bagus dan besar ukurannya, ikan cupang sawah harganya semakin mahal.

9. Ikan Cupang Paradise
Memiliki nama latin Macropodus opercularis banyak ditemukan di sungai Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Ciri khas dari ikan ini adalah bentuk ekornya yang bercabang.

10. Ikan Cupang Surga
Jenis ikan cupang surga banyak terdapat di Asia Tenggara seperti di daerah Indonesia yaitu Sumatra, Jawa dan Bali. Ikan ini termasuk jenis ikan liar yang semakin sulit ditemui.

Sumber: Wolipop
Editor: Yudha