Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KSOP Batam dan Tim Gabungan Berhasil Amankan Puluhan Ribu Benih Lobster di KM Kelud
Oleh : Putra Gema
Minggu | 06-12-2020 | 19:04 WIB
benih_lobster_putra.jpg Honda-Batam
Penyelundupan ribuan beenih lobster yang berhasil digagalkan (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim gabungan Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Khusus Kota Batam bersama Tim Gabungan berhasil amankan upaya penyelundupan puluhan ribu benih lobster.

Pengamanan tersebut berawal ketika tim dari KSOP Batam didampingi pihak Kepolisian, Bea Cukai Batam dan BKIPM menggeledah barang penumpang KM Kelud di Pelabuhan Makobar, Batu Ampar, Kota Batam, Provinsi Kepri, Minggu (6/12/2020) pagi.

Dari hasil penggeledahan tersebut, tim gabungan yang dipimpin oleh Kepala Bidang Keselematan Berlayar Penjagaan dan Penegakan Hukum, KSOP kelas I khusus kota Batam, Eko Handoyo berhasil mengamankan setidaknya 42.500 benih lobster.

42.500 benih lobster tersebut diamankan dari tiga orang bernama laki-laki bernama Abdul (39), Dedi (41) dan Oman (44) yang berangkat melalui Pelabuhan Tanjung Priok pada Jumat, 4 Desember 2020 lalu.

"Ketika kami mintai keterangan, benih lobster tersebut akan di selundupkan ke Vietnam melalui Kota Batam," kata Eko.

Dalam pengamanan tersebut, puluhan ribu benih lobster tersebut dimasukan kedalam kantong plastik yang telah diberikan air dan udara dengan total keseluruhan, 157 kantong.

"Selanjutnya 42.500 benih lobster jenis pasir dan mutiara tersebut akan di lepas liarkan di kawasan konservasi budi daya lobster di perairan Pulau Abang," tutupnya.

Editor: Surya