Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Unik, Klub Chile Eksekusi Penalti Sebulan Setelah Diberikan Wasit
Oleh : Redaksi
Kamis | 12-11-2020 | 11:48 WIB
ilustrasi-penalti1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi tendangan penalti.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Klub Liga Chile Universidad Catolica melakukan eksekusi penalti melawan Curico Unido, hampir sebulan setelah sanksi itu diberikan wasit.

RTE melaporkan, Catolica berada dalam situasi tertinggal 0-2 dari Urico pada pertandingan awal yang digelar di Stadion Bicentenario La Granja, 15 Oktober 2020.

Duel kedua tim terpaksa dibatalkan di tengah pertandingan karena berbagai insiden. Saat wasit sedang meninjau VAR, papan skor terbakar dan menyebabkan listrik mati.

Empat hari berselang, operator Liga Chile (ANFP) mengonfirmasi bahwa wasit telah memberikan hukuman penalti untuk Catolica. Pertandingan akan dilanjutkan melalui titik putih.

Uniknya, pemain Catolica Cesar Pinares yang dilanggar di kotak penalti, telah pindah ke klub Brasil Gremio sebelum pertandingan lanjutan digelar.

Tak berhenti sampai di situ, drama juga berlanjut ketika pertandingan digelar kembali pada Kamis (12/11/2020). Wasit meminta tendangan penalti diulang meski kiper Curica Fabian Cerda dua kali melakukan penyelamatan.

Wasit meminta penalti diulang karena sang penjaga gawang dianggap telah bergerak lebih dulu dari Fernando Zampedri selaku algojo. Zampedri akhirnya berhasil menunaikan tugasnya dengan baik pada upaya ketiga.

Meski demikian, Curica keluar sebagai pemenang dengan skor 3-2 setelah wasit juga memberikan hadiah penalti yang dituntaskan Federico Castro sebelum Zampedri memperkecil kedudukan di masa injury time.

Kendati kalah, Catolica masih bertahan di puncak klasemen Liga Chile dengan raihan 39 poin atau unggul delapan poin dari Curico yang berada di posisi kelima.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha