Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perkuat Pengawasan, Bawaslu Batam Gelar Sosialisasi Hukum Bersama Awak Media
Oleh : Paskalis Rianghepat
Sabtu | 07-11-2020 | 12:16 WIB
sosialisasi-hukum-bawaslu1.jpg Honda-Batam
Sosialisasi Hukum dari Bawaslu bersama Media, Sabtu (7/11/2020). (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Batam, menggelar Sosialisasi Hukum di Harris Hotel, Sabtu (7/11/2020) pagi.

Dalam sambutanya, Ketua Bawaslu Batam Syailendra Reza mengatakan kegiatan ini merupakan sosialisasi penerapan dan pemaknaan peraturan perundang-undangan yang berlaku pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Desember datang.

"Untuk mensukseskan pilkada yang akan datang, Partisipasi media sangat di butuhkan sebagai kontrol sosial," kata Reza.

Kegiatan Sosialisasi hukum untuk pengawasan pemilu, kata Reza, merupakan agenda Bawaslu Batam untuk menyampaikan fungsi pengawasan Pemilu. Dengan kegiatan ini, katanya lagi, diharapkan bisa menjalin sinergitas antara peran Media di Batam dalam pelaksanaan Pilkada tahun ini.

Reza menyebutkan, sampai saat ini Bawaslu sudah melakukan pengawasan terhadap jalannya tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak, meliputi pengawasan penatapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan pengawasan lain seperti kampanye calon kepala daerah baik calon Bupati atau Wali Kota maupun Gubernur untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Sebagai pengawas pemilu, kami sangat berharap kepada media untuk tetap memegang teguh fungsi kontrol dan independensi agar meminimalisir kecurangan dalam pelaksanaan pilkada tahun ini," ujarnya.

Masih kata Reza, pengawasan partisipatif dari Media sangat penting dilakukan, terutama dalam mengawasi peserta pemilu di ruang privat yang tidak tersentuh oleh pengawas Pemilu. Apalagi, masyarakat merupakan pemilik kedaulatan tertinggi di negara demokrasi ini.

"Apabila ada dugaan pelanggaran yang dilakukan di tengah masyarakat, di harapkan dapat melaporkan ke bawaslu Batam agar bisa ditindaklanjuti, agar dapat menghadirkan pemilu yang berkualitas," tambahnya.

Bawaslu Batam, lanjutnya, membutuhkan kolaborasi yang kuat dengan para awak media. Baik media Cetak, Online dan Elektronik serta kelompok pemilih atau pemantau Pemilu.

"Peningkatan kolaborasi antara Bawaslu dengan Media, merupakan kunci peningkatan partisipasi bersama masyarakat dalam mensukseskan pilkada yang akan datang," pungkasnya.

Editor: Yudha