Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pompa Air Interkoneksi Diharapkan Dapat Menjamin Air Baku Batam 5 Tahun Mendatang
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Rabu | 28-10-2020 | 15:04 WIB
A-WADUK-BATAM.jpg Honda-Batam
Plh Kepala BP Batam, Purwiyanto resmikan pengoperasian Pompa Air Baku untuk interkoneksi Waduk Tembesi ke Waduk Muka Kuning Batam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam meresmikan pengoperasian Pompa Air Baku untuk interkoneksi Waduk Tembesi ke Waduk Muka Kuning Batam.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala BP Batam, Purwiyanto mengatakan, dengan pengoperasian tersebut nantinya BP Batam akan mengalirkan air baku dari Waduk Tembesi ke Muka Kuning dengan jarak hampir 3,6 Kilometer.

Ia menjelaskan, interkoneksi ini memiliki daya alir dengan kapasitas 600 liter per detik, namun demikian kemampuannya bisa mencapai 720 liter per detik, dan menelan anggaran pembangunan mencapai Rp 4,5 Miliar.

"Dengan adanya ini, saya rasa untuk lima tahun mendatang kita sudah aman. Namun demikian, akan kita tambah lagi nanti mengingat kebutuhan air di Batam seiring berjalannya waktu akan terus bertambah. Dan kedepannya di tahun 2024 air akan menjadi salah satu prioritas dalam program pembangunan yang dilakukan oleh BP Batam," kata Purwiyanto, Selasa (27/10/2020).

Purwiyanto menjelaskan, nantinya juga akan dilakukan pembangunan instalasi pengolahan air (IPA) di Muka Kuning dengan kapasitas 350 liter per detik.

Ia mengharapkan kapasitas air bersih akan terus bertambah dan pelayanan akan lebih baik lagi ke depannya.

Dan kapasitas 720 liter per detik dari Tembesi ke muka kuning ini bisa dipastikan akan mencukupi kapasitas kebutuhan air baku hingga lima tahun mendatang.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk bisa sama-sama melakukan penghematan air.

"Sehingga kapasitas air bersih yang ada bisa lebih maksimal digunakan oleh warga lainnya yang membutuhkan," tegasnya.

Editor: Dardani