Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

10 Hari Jelang EURO 2012

Liga Premier Inggris dan Bayern Muenchen Sumbang Pemain Terbanyak
Oleh : Redaksi/Mg
Rabu | 30-05-2012 | 09:38 WIB
Daftar-Grup-Euro-2012.png Honda-Batam

Daftar group Euro 2012. Foto:Sportintelligence.com

WARSAWA, batamtoday - Jelang dibukanya turnamen akbar Euro 2012, 16 negara peserta telah mengumumkan skuad resminya yang masing-masing terdiri dari 23 pemain. Total ada 368 pemain, dan kompetisi Liga Inggris tercatat sebagai penyumbang pemain terbanyak. Sedangkan untuk ukuran klub, raksasa Jerman, Bayern Muenchen membukukan sebagai yang terbanyak menyumbangkan pemain.

Dikutip batamtoday dari laman Sportintelligence, Rabu(30/5/2012), tercatat 79 nama pemain yang akan turun di Euro 2012 merupakan bintang yang kini berkarir di Liga Inggris, baik di liga utama (Premier) maupun divisi I Championship.

Mungkin ada benarnya jika sebagian pihak menyatakan bahwa Liga Inggris adalah yang terbaik di dunia. Catatan tersebut mungkin sedikit banyak menjawab.

"Tim nasional Inggris adalah satu-satunya peserta Euro yang seluruh pemainya merupakan jebolan kompetisi lokal," tulis Sportintelligence.

Sementara itu, untuk ukuran klub, dari jajaran klub elit Eropa nama Bayern Muenchen dinobatkan sebagai yang teratas. Klub berjuluk FC Hollywood tersebut menyumbang pemain terbanyak dalam Euro 2012.

Muenchen mengirim 13 personilnya untuk membela negara masing-masing di kompetisi akbar antara negara Eropa mulai 8 Juni nanti. 13 nama tersebut tersebar di lima negara.

Tim nasional Jerman yang paling banyak mengangkut punggawa Muenchen dengan jumlah delapan pemain. Sisanya datang dari Prancis (Frank Ribery), Belanda (Arjen Robben), Ukraina (Anatoliy Tymoshchuk), dan Kroasia (Danijel Pranjic & Ivica Olic).

Sementara itu juara La Liga, Real Madrid duduk dibawah Muenchen dengan jumlah pemain 11 orang. 11 pemain itu tersebar di empat negara peserta. Di skuad Spanyol hadir lima pemain Los Blancos, Alvaro Arbeloa, Sergio Ramos, Iker Casillas, Xabi Alonso, dan Raul Albiol. Tiga sisanya datang dari Portugal, dua dari Jerman, dan satu dari Prancis.

Berikut daftar lima besar klub yang paling banyak menyumbang pemain di Euro 2012:

1. Bayern Muenchen 13
2. Real Madrid 11
3. Dynamo Kiev 10
4. Chelsea 9
5. Ada enam klub yang masing-masing menyumbang 8 pemain. Arsenal, Borussia Dortmund, Shakhtar Donetsk, Zenit St, Petersburg, Man.City, dan Barcelona.