Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

4 Pelaku BKO di Dinas Sosial Kota Batam

Perampok Uang Pengemis yang Ditangkap Polda Kepri Ternyata Oknum Satpol PP Batam
Oleh : Hadli
Selasa | 20-10-2020 | 18:05 WIB
hasimah-kadinsos-btm.jpg Honda-Batam
Kepala Dinsos Kota Batam, Hasimah Nyat Kadir bersama anak buahnya saat ditemui di Mapolda Kepri, Selasa (20/10/2020). (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batam, Hasimah Nyat Kadir memastikan keempat oknum yang diamankan Ditreskrimum Polda Kepri karena merampas uang pengemis, bukan pegawai Dinas Sosial.

"Mereka anggota Satpol PP yang di-BKO di Dinas Sosial Kota Batam," kata Hasimah ditemani beberapa orang PNS Dinsos Kota Batam di Mapolda Kepri, Selasa (20/10/2020).

Hasimah juga memastikan, apa yang dilakukan juga bukan bagian kegiatan Dinas Sosial. Kegiatan Dinas Soal dalam melakukan pembinaan memiliki SOP.

"Kegiatan kami tidak pernah menangkap pengemis lalu diambil duitnya. Pengemis, gelandangan yang ditangkap berdasarkan laporan masyarakat kami lakukan pembinaan dan makan minum kami kasih selama masa pembinaan," ucapnya.

Kegiatan yang dilakukan satu orang PNS dan tiga honorer Satpol PP, dipertegasnya bukan bagian dari kegiatan Dinas Sosial. Namun kendaraan yang digunakan dipastikan memang milik Dinas Sosial.

"Baru satu bulan ini, keempat oknum Satpol PP ini di-BKO ke Dinas Sosial Kota Batam. Kegiatan mereka ini tidak pernah berkoordinasi dengan kami," ucapnya.

Halimah menyerahkan sepenuhnya proses penegakan hukum keempat oknum Satpol PP tersebut ke Polda Kepri. Sementara, kata dia dari Inspektorat pasti akan melakukan tindakan tegas.

"Kami percayakan proses hukum di Polda Kepri," tutupnya.

Keempat oknum Satpol PP Kota Batam tersebut saat ini masih menjalani proses penyelidikan di Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Kepri. Modus para pelaku razia pengemis dengan cara mengambil pengemis di pinggir jalan dan uang pengemis diambil setelah itu pengemis tadi ditinggalkan di pinggir jalan.

Editor: Gokli