Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Operator e-KTP akan Diberi Pelatihan
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Senin | 28-05-2012 | 18:19 WIB

BATAM, batamtoday - Pemko Batam bekerja sama dengan PT Sucofindo direncanakan akan memberikan pelatihan bagi para operator e-KTP guna mendukung penerapan kartu identitas berbasis elektronik itu di Batam. 

Pelatihan itu direncanakan akan digelar selama dua hari dan dimulai pada Selasa (29/5/2012) di Hotel PIH Batam Centre dan melibatkan operator e-KTP dari seluruh kecamatan. 

"Ada empat orang yang dikirim dari setiap kecamatan untuk diikutsertakan dalam pelatihan itu," kata Hermawati, Kepala Seksi Pelayanan Umum Kecamatan Sekupang, Senin (28/5/2012). 

Hermawati juga mengatakan setelah pelatihan selesai digelar, para operator itu harus siap bekerja untuk menanti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam mengumumkan kepada warga kapan pelaksanaan pembuatan e-KTP mulai dimulai dan diberlakukan. 

Sementara itu, untuk kesiapan perangkat keras e-KTP, Hermawati menyebutkan beberapa diantaranya sudah terpasang di kecamatan seperti alat tanda tangan elektronik, perekam iris jari dan perekam mata.

"Tiga alat tersebut sudah terpasang. Hanya kamera dan sidik jari yang kami simpan menunggu pelaksanaan e-KTP ini dimulai," ujarnya. 

Khusus untuk Kecamatan Sekupang, warga wajib e-KTP tercatat sekitar 84.638 jiwa. Guna mencapai target, per harinya akan dilakukan pembuatan e-KTP sebanyak 420 orang dengan waktu yang dibutuhkan 4 menit per orang. 

"Kita diberi target selama 270 hari kerja," kata Hermawati.